Lebih Dekat Dengan Olahraga Aquathlon

iMSPORT.TV – Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) merilis cabang olahraga yang akan dipertandingkan di World Beach Games 2023, di Bali. Diantaranya, Bola Basket 3×3, AirBadminton, rowing, selancar, polo air pantai, sepak bola pantai, bola tangan pantai, karate kata, selancar air, tenis pantai, voli pantai, selancar laying, gulat pantai dan aquathlon.

Ternyata ada cabor AQUATHLON. Olahraga Aquathlon atau aquathon, terdiri dari perlombaan dua tahap yang berkesinambungan, terdiri dari renang, diikuti dengan lari. International Triathlon Union (ITU) dan organisasi federasinya yang mengelola dan memberikan sanksi olah raga tersebut.

Secara historis, aquathlon telah ada dalam berbagai bentuk sejak awal abad ke-20 dalam kompetisi penyelamatan laut. National Surf Lifesaving Association of America , didirikan pada 1965 dan mengadakan kompetisi nasional pertama, acaranya termasuk lari-berenang-lari. Jarak standar internasional modern adalah lari 400 meter – renang 400 meter – lari 200 meter.

Lebih Dekat Dengan Olahraga Aquathlon

Sejarah
Kapan tanggal awal hadirnya aquathlon, sulit untuk disebutkan, karena olahraga ini merupakan kombinasi renang dan lari, kedua cabor ini berasal dari zaman kuno. Sementara akar aquathlon modern dapat ditelusuri hingga ke perlombaan di Australia (tahun 1950-an).

Perlombaan terdiri dari lari di sepanjang pantai, berenang ke laut mengitari pelampung dan berenang kembali ke pantai, keluar dan kemudian berlari kembali di sepanjang pantai. Pada 1960-an ide tersebut telah menyebar ke California di Amerika Serikat, dan menjadi populer di kalangan pelari dan perenang.

Triathlon Amerika berpendapat bahwa, event aquathlon pertama di Amerika Serikat adalah Dave Pain Birthday Biathlon, lomba lari dan renang yang pertama kali diadakan di San Diego pada 1971. Poin ini dibuat karena hubungan aquathlon dengan triathlon, serta fakta bahwa Dave Pain Birthday Biathlon adalah, lomba yang membantu menginspirasi perlombaan triathlon pertama (Mission Bay Triathlon) tiga tahun kemudian

Aquathlon umumnya mengikuti jarak triathlon, tetapi bisa berfariasi. Sebagian besar perairan terbuka tetapi ada beberapa sprint atau super-sprint berbasis kolam.

Jarak standar “Air hangat” International Ttiathlon Union adalah lari 2,5 km, renang 1000 m, lanjut lari 2,5 km. Jika suhu air pengenal di bawah 22 °C, maka perenang wajib kenakan pakaian selam berenang 1000 m dan lari 5 km sekali pakai. Untuk jarak “jalur panjang”, adalah renang 2000 m, lari 10 km. Suhu air pengenal cukup rendah (sekitar 16 °C), maka jalur dapat dipersingkat, dan mungkin bisa dibatalkan.

Aquathlon paling mirip dengan triathlon. Beda utamanya adalah tidak adanya kaki siklus. Di triathlon ada tambahan sepeda, sementara sepeda menambah kerumitan ekstra untuk atlet dan penyelenggara balapan.

Olahraga lain yang berasal dari triathlon adalah duathlon, yang menggabungkan bersepeda dan berlari namun menghilangkan bagian berenang.

Lain: SEA Games Bentar Lagi, Gimana Persiapan Indonesia?

Salah satu contoh Aquathlon

Salah satu contoh Aquathlon

Beberapa even Aquathlon yang ada di Indonesia:

  • BTN Run • 2023 : 12 Februari 2023, Venue GBK Sports Complex, Gelora Bung Karno, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta Group Road Run Umum
    BTN Sports Fest • 2022 : 11 Desember 2022, Venue Kawasan Aquatic Center GBK, Gelora Bung Karno, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  • Ancol Aquathlon • 2018 : 12 Agustus 2018, Venue Pantai Lagoon Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.
  • Dash Fest • 2022 : 9-11 September 2022, Venue Area Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Gelora, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.
  • Belitung Aquathlon • 2018 : 10 November 2018, Venue Pantai Tanjung Tinggi, Keciput, Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Pronoia Warrior Fitness Challenge • 2021 : 20 November 2021, Venue Pronoia Community – Lifestyle Club, Jimbaran, Kuta, Kab. Badung, Bali Group Multi Sport Challenge.
  • Tidung Aquathlon • 2018 : Mei 2018, Venue The Pink Bridge – Tidung Island, South Kepulauan Seribu, Kepulauan Seribu.
  • Belitung Triathlon Live Remote Race – Jakarta • 2020 : 3-5 Desember 2020, Venue Stadion Akuatik – GBK, Gelora Bung Karno, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat.

(adm/fid)
Berita Lain: Asnawi Mangkualam: Dikasih Maju Malah Mundur?