5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang pickleball

5 Hal Pickleball Yang Perlu Kamu Ketahui - iMSPORT.TV

IMSPORT.TV – Sporters.. ada lagi niih olahraga baru, gabungan antara unsur pingpong, tenis, dan bulu tangkis. Sebutannya pickleball. Olahraga ini bisa dimainkan di lapangan, di dalam atau di luar ruangan.

Pickleball awalnya dikembangkan di Amerika Serikat sebagai permainan anak-anak di halaman belakang rumah. Ditemukan pada tahun 1965 oleh tiga orang ayah – merupakan penduduk Bainbridge Island, Washington.

Akhirnya banyak orang menikmati pickleball sebagai salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk membakar kalori. Bahkan, permainan ini juga tersedia bagi pengguna kursi roda.

What Is Pickleball? A Complete Guide – Forbes Health

Olahraga ini pun terus berkembang dan baru pada 1976, permainan unik ini diakui oleh majalah Tenis. Sekarang, tersedia turnamen dan organisasinya yang berlokasi di seluruh dunia. Bahkan, pickleball sudah menjadi bagian dari kegiatan umum dalam program pendidikan jasmani sekolah.

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang pickleball

Pickleball sendiri, sering dimainkan sebagai olahraga ganda, yaitu melibatkan dua tim dengan masing-masing dua orang. Tapi, bisa juga bisa dimainkan sebagai olahraga tunggal, satu lawan satu.

Di Indonesia sendiri, pickleball telah diperkenalkan oleh Jeff Van Der Hulst, ambassador International Federation Pickleball (IFP) yang khusus datang ke Fakutas Ilmu Keolahragaan (FIO), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 14 April 2019.

 


Perlengkapan dan pakaian
Permainan pickleball pada dasarnya sih, tak ada pakaian khusus, yang pasti, pakai pakaian yang nyaman, celana pendek, skort (rok celana), atau celana yang menyerap kelembapan, dengan t-shirt. Tambahan bermain di luar ruang, mungkin perlu kacamata olahraga, untuk melindungi mata dari sinar matahari. Juga gunakan sepatu yang ramah lapangan, seperti sepatu tenis.

Lapangan dan jaring
Ukuran lapangan pickleball lebih kecil dari lapangan tenis, mirip dengan lapangan bulu tangkis ganda. Bentuknya persegi Panjang, ukuran 6,5 meter kali 14,5 meter. Sementara itu, ukuran jaring setidaknya 7 meter dan 22,5 cm dan tingginya minimal 75 cm. Jaring harus terbuat dari kain jala dengan pita putih yang mengikat di bagian atas.

Jika tidak memungkinkan, gunakan lapangan tenis atau ruangan lain dan tandai garis dengan kapur atau selotip berwarna sebagai batas lapangan.

Bola pickleball terlihat seperti bola whiffle. Terbuat dari plastik dan memiliki lubang dengan berbagai ukuran di permukan mulusnya. Bola ini juga tersedia dalam berbagai warna, kuning, hitam, biru, dan lainnya.

Bola untuk aktivitas di luar ruang biasanya lebih berat, lebih keras, lebih halus, dan lebih banyak lubang (sekitar 40 lubang), sehingga lebih cepat mencapai dayung. Sementara itu, bola dalam ruang biasanya lebih ringan, lebih lembut, dan lebih sedikit lubang (sekitar 26 lubang).

Dayung (paddles).
Dayung (paddles) atau raket pickleball mirip seperti dayung atau bed pingpong. Awalnya, dayung ini terbuat dari kayu lapis, tapi seiring perkembangan teknologi, dayung pickleball pun dapat dibuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, polimer, atau aluminium. Permukaan dayung juga dapat dibuat dari serat karbon, fiberglass, atau grafit. Dayung yang baik adalah yang sesuai dengan genggaman dan terasa nyaman di tangan.

Berat Dayung rata-rata 7,3-8,4 ons, tetapi ada juga dayung yang lebih berat atau lebih ringan dari ini. Dayung yang lebih berat, memerlukan lebih banyak tenaga, sedang dayung yang ringan memberikan lebih banyak kontrol saat bermain. Semuanya bergantung pada kebutuhan dan kenyamanan.

Cara bermain pickleball
Seperti olahraga pingpong, bulu tangkis, dan tenis, tujuan pickleball adalah mencetak poin dengan cara melempar bola melewati net atau jaring, membuat lawan tak dapat mengembalikan bola.

Tim atau pemain pertama yang mencapai 11 poin, harus unggul 2 poin dari lawan, baru keluar sebagai pemenang. Jika skor 11 tanpa keunggulan 2 poin, permainan dilanjutkan hingga salah satu pihak unggul 2 point. Misal, tim A mencetak skor 11, sedangkan tim lawan skor 10, maka permainan terus dilanjutkan hingga salah satunya unggul minimal 2 poin dari lawan. Permainan pickleball tidak pernah berakhir seri.

Berikut 5 aturan dasar permainan pickleball:

  • Tidak memukul bola di luar batas
  • Bola harus diservis dengan tangan dan di bawah garis pinggang.
  • Setelah servis, bola harus memantul sekali di sisi lawan sebelum kembali ke sisi semula untuk diservis lagi. Ini dikenal juga sebagai aturan dua pantulan. Setelah bola dua kali memantul, pemain boleh melakukan pukulan voli.
  • Bola tidak bisa menyentuh zona non-volley saat melakukan servis.
  • Permainan berakhir pada 11, 15, atau 21 poin. Biasanya, permainan berakhir pada 11 poin, tetapi 15 dan 21 poin juga umum sebagai titik akhir permainan.

Sebagai pemula yang ingin mencoba pickleball, silahkan dating ke organisasi local. Mereka juga menyediakan peralatan dan tempat untuk disewakan sebagai lapangan.

(adm/mir)

Baca :