Atlet Rusia dan Belarusia Diizinkan Tampil di Wimbledon 2023, dengan Syarat.. !

Ini Persyaratan Petenis Rusia dan Belarusia bisa Tampil di Wimbledon 2023 - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Otoritas pelaksana turnamen Grand Slam mengonfirmasi sejumlah atlet tenis Rusia dan Belarusia telah menandatangani pernyataan secara pribadi di All England Club sebagai pemain netral di kejuaraan Wimbledon 2023. Selasa (25/4).

Diketahui, Wimbledon telah mencabut larangan bertanding kepada atlet dari kedua negara tersebut, untuk tampil di Grand Slam, menyusul invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022.

Laman Reuters menuliskan, Ketua All England Club, Ian Hewitt, telah mencabut larangan terhadap atlet Rusia dan Belarusia. Ian mengaku, ini menjadi keputusan tersulit selama empat tahun bekerja.

“Ini menjadi keputusan tersulit. Saya pikir pernyataan kami pada 31 Maret menetapkan posisi sejelas mungkin, yaitu bahwa ada pertimbangan beberapa faktor dan perkembangan sejak tahun lalu yang mengarah pada keputusan kami kali ini,” ujar Hewitt.

Wimbledon serta turnamen lapangan rumput Inggris lainnya, menjadi satu-satunya turnamen yang melarang pemain tenis dari kedua negara tersebut.

Atlet Rusia dan Belarusia Diizinkan Tampil di Wimbledon 2023, dengan Syarat.. !

Tercatat, sejumlah pemain elite seperti Daniil Medvedev dan Victoria Azarenka, absen pada Wimbledon tahun lalu. Keputusan itu sekaligus mengakibatkan poin peringkat dicabut dari ajang tersebut.

Outstanding Azarenka tames Tomljanovic to move into Wimbledon third round

Untuk bisa berkompetisi tahun ini, para pemain tenis Rusia dan Belarusia itu diwajibkan menyetujui untuk bisa tampil sebagai pemain netral.

Mereka juga harus memberikan pernyataan tak mendukung perang atau rezim yang terlibat, dan tidak menerima endorsement dari bisnis yang didukung negara.

Deklarasi tersebut didasarkan pedoman pemerintah, bekerja sama dengan Tours, ITF dan mitra kami di LTA,” .

“Setelah kami membuat pengumuman, para pemain dapat menandatangani deklarasi dan menandatanganinya hingga batas waktu yang telah ditentukan,” kata CEO All England Club

CEO All England Club, Sally Bolton, memastikan tidak akan membocorkan siapa saja atlet tenis yang telah menandatangani pernyataan tersebut.

Kami mendengarkan keluhan para atlet dari tahun lalu dan mereka menginginkan pilihan untuk dapat menandatangani deklarasi. Mereka sepenuhnya memahami untuk apa mereka mendaftar,” ujar pungkasnya.

(mir)

Baca :