Tragedi Novak DJokovic Menimpa Aldila/Kato

iMSPORT.TV – Kejadian Novak Djokovic didiskualifikasi saat putaran keempat turnamen US Open 2020 kembali terulang di ajang French Open 2023.

Kali ini korban nya adalah petenis Indonesia Aldila Sutjiadi yang berpasangan dengan Miyu Kato asal Jepang. Dila/Kato harus berhenti ditengah set kedua putaran ketiga French Open 2023 melawan Marie Bouzkova/Sara Sorribes Tormo.

Dila/Kato yang unggul 3-1 di set kedua akhirnya didiskualifikasi setelah Kato yang berada di depan net secara tak sengaja memukul bola yang mengenai seorang ball girl di seberang lapangan permainan. Ia bermaksud untuk mengembalikan bola, namun justru mengenai belakang kepala si gadis kecil.

Tragedi Novak DJokovic Menimpa Aldila/Kato

Kejadian ini mirip dengan Djokovic di US Open 2020 ketika petenis Serbia itu kesal usai kehilangan servis dan ia memukul bola hingga mengenai hakim garis wanita dibelakangnya.

Photo by: Aldila Sutjiadi

Photo by: Aldila Sutjiadi

Kembali ke Dila/Kato, awalnya Kato hanya dapat peringatan dari wasit karena sampai membuat ball girlnya menangis. Namun Bouzkova/Tormo masih protes kepada wasit tentang kejadian tersebut.

Alhasil, pengawas lapangan masuk dan memberitahukan kepada pasangan Dila/Kato bahwa mereka didiskualifikasi. Mendengar kabar tersebut Kato menangis dan langsung buat permintaan maaf lewat sosial medianya.

“Saya ingin meminta maaf dengan tulus kepada ball girl, partner saya, dan pendukung saya karena kecelakaan yang tidak menguntungkan hari ini,” tulisnya.

“Itu sama sekali tidak disengaja. Akibatnya, saya dihukum oleh Roland Garros dengan kehilangan hadiah uang dan poin saya,” jelasnya.

Lain: ASEAN Para Games 2023 GOALBALL DAY 2

Meski meminta maaf, menurut seorang offisial pertandingan, tindakan Kato ini masuk dalam kategori aturan international Tenis Federation.

“Jika kamu memukul seseorang sampai cedera, maka kamu harus bertanggung jawab. Sekalipun kamu tak sengaja, kamu tetap harus bertanggung jawab,” ujar seorang ofisial kepada BBC.

Kato dan Aldila masih punya kesempatan di nomor ganda campuran. Keduanya telah melaju ke perempatfinal dengan partner masing-masing. Aldila berpasangan dengan Matwe Middelkoop (Belanda) akan berhadapan dengan Angel Chan/Fabrice Martin.

Sedangkan Kato yang berpasangan dengan Tim Putz (Jerman) akan menghadapi pasangan Brasil, Luisa Stefani/Rafael Matos. Aldila dan Kato bisa bertemu di semifinal jika berhasil mengalahkan lawannya.

(fid)
Sumber: Detik
Lain: