Jadwal dan Daftar Pemain Timnas Voli di SEAVA Grand Prix 2023

Jadwal dan Daftar Pemain Timnas Voli di SEAVA Grand Prix 2023 - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Timnas Voli Indonesia akan kembali berlaga di turnamen ASEAN Grand Prix bertema SEAVA Grand Prix 2023. Jadwal Turnamen SEAVA Grand Prix 2023 atau SEA V League 2023 merupakan turnamen yang diprakarsai Federasi Voli Asia Tenggara, Southeast Asian Volleyball Association (SEAVA) yang akan digelar pada Juli 2023.

SEAVA Grand Prix 2023 untuk nomor putra, akan menjadi edisi perdana yang akan digelar di Padepokan Voli Sentul, Indonesia pada 21 hingga 23 Juli 2023. Series keduanya, akan digulirkan di Manila, Filipina pada 28-30 Juli 2023.

Sementara untuk nomor putri akan menjadi edisi keempat sejak pertama kali digelar pada 2019, yang akan dilaksanakn di Vinh Yenh (Vietnam) dan Chiang Mai (Thailand) pada Agustus mendatang.

Jadwal dan Daftar Pemain Timnas Voli di SEAVA Grand Prix 2023

SEAVA Grand Prix 2023 akan diikuti empat negara, yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Untuk nomor putri, Thailand menjadi juara bertahan dengan pada tiga edisinya. Sementara Indonesia, baru satu kali runner-up dan dua kali diperingkat ketiga.

Jadwal Timnas Voli Indonesia di SEA V League 2023

  • Jumat 21 Juli 2023 pukul 18.00 WIB : Indonesia vs Filipina.
  • Sabtu 22 Juli 2023 pukul 18.00 WIB : Indonesia vs Vietnam.
  • Minggu 23 Juli 2023 pukul 18.00 WIB : Indonesia vs Thailand.

SEAVA League 2023 merupakan turnamen yang menggunakan format kompetisi penuh, dimana setiap peserta akan bertemu sebanyak enam kali dalam dua series.

SEA V Grand Prix merupakan turnamen resmi level Asia Tenggara dibawah Southeast Asian Volleyball Association (SEAVA). Meski begitu, hasil pertandingan juara tidak akan mempengaruhi perhitungan ranking dunia FIVB.

Timnas voli putra Indonesia didominasi pemain Jakarta LavAni Allobank, seperti Dio Zulkifri, Boy Arnez, Fahri Septian Putratama, Hendra Kurniawan, Muhammad Malizi, Irpan, dan Cep Indra.

Beberapa nama bintang seperti Rivan Nurmulki, Nizar Julfikar, Hernanda Zulfi, dan Fahreza Rakha Abhinaya dipastikan tak masuk dalam daftar turnamen tersebut, dan diragukan tampil akibat cedera di AVC Challenge Cup.

Pada posisi pelatih akan tetap dipimpin oleh Jiang Jie dengan dukungan asisten pelatih Erwin Rusni, Samsul Jais, Roy Makpal, dan Dicky Gunawan.

Tim voli putra Indonesia, sebelumnya telah berhasil membukukan kemenangan atas Filipina dan Thaiiland di SEA Games 2023. Namun, gagal mengatasi perlawanan dari Thailand pada AVC Challenge Cup, kemarin.

(mir)

Baca juga :