Kualifikasi PON 2024 Cabor Tenis Siap Digelar

iMSPORT.TV – Sebanyak 29 provinsi akan saling bertanding memperebutkan 7 slot tersisa pada babak kualifikasi (Pra) PON untuk tampil di PON XXI/2024. Di babak kualifikasi ini, 29 Provinsi akan terbagi ke dalam 7 pool.

Juara pada masing masing pool akan lolos ke PON 2024. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum KONI Pusat Nomor 120 tahun 2022, kuota atlet PON untuk cabang olahraga tenis adalah 80 atlet.

Melihat jumlah tersebut, komposisi peserta PON adalah 12 provinsi dengan rincian 2 provinsi tuan rumah yaitu Aceh dan Sumatera Utara. 3 provinsi langsung lolos melalui seleksi peringkat di bulan Juli 2023. Ditambah 7 provinsi yang lolos dari babak kualifikasi (Pra PON).

Baca Juga: Aldila Diantara Para Legenda Tenis Indonesia di Grand Slam

Sekedar informasi, 3 provinsi yang lolos langsung berdasarkan seleksi peringkat yakni dari sektor putra ada Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Jawa Barat. Kemudian di sektor putri ada Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan.

Jawa Timur memang menjadi favorit Juara Umum. Bisa dilihat ketika PON ke-20 di Papua, materi pemain Jatim ini beriisikan anggota tim nasional Tenis Indonesia. Sebut saja nama-nama seperti Aldila Sutjiadi, Christopher Rungkat, Beatrice Gumulya dan Anthony Susanto.

Sementara tunggal putri Indonesia lainnya, Priska Madelyn Nugroho kala itu bermain untuk provinsi Papua. Namun sayang langkah Priska dan kolega dikalahkan Jatim di nomor beregu putri.

Saat ini daftar atlet peserta PON dan pra PON dari seluruh provinsi telah dikirimkan kepada seluruh pengprov. Pengprov kemudian diberi kesempatan untuk ikut melakukan verifikasi awal atas daftar atlet tersebut. Jika keberatan atas rekapitulasi daftar atlet kepada tim keabsahan selambat lambatnya tanggal 7 Agustus 2023.

Ajang kualifikasi PON 2024 cabang olahraga tenis akan berlangsung pada 21-27 Agustus 2023 di Lapangan Hotel Sultan, Jakarta.

Sumber: PP PELTI

Baca Juga: 

Cerita Dari Kamboja : Dominasi Tenis Indonesia

Panggil Legenda, Tenis Putri Indonesia Dapat Emas SEA Games