Atlet Panjat Tebing Indonesia Dominasi Podium Speed IFSC Masters Neom 2023

Atlet Panjat Tebing Indonesia Dominasi Podium Speed IFSC Masters Neom 2023 - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Prestasi membanggakan dipersembahkan oleh tim panjat tebing Indonesia pada International Federation of Sport Climbing (IFSC) Masters Neom 2023 di Arab Saudi pada 22-24 November 2023. Atlet binaan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) berhasil meraih lima medali; 2 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Atlet putri berhasil menguasai podium dengan meraih 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. All Indonesian final di partai final, Rajiah Salsabillah menang dengan 6,72 detik dan Desak Made Rita Kusuma Dewi harus puas menjadi juara kedua dengan 6,88 detik.

Amanda Narda Mutia berhasil memastikan menjadi juara ketiga usai mengalahkan atlet Polandia, Natalia Kalucka. Atlet Indonesia catatkan 6,91 detik sedangkan lawannya 7,23 detik.

Atlet putra juga berhasil menangkan partai final. Pemegang rekor dunia, Veddriq Leonardo berhasil memastikan medali emas setelah unggul dari atlet Ukraina, Yaroslav Tkach. Veddriq catatkan waktu 5,07 detik saat mengalahkan Tkach yang catatkan waktu 5,34 detik.

Torehan Veddriq tersebut lebih cepat dari rekor dunia kelima dengan waktu 5,09 detik yang diraih atlet asal Jawa Tengah Kiromal Katibin pada IFSC World Cup in Villars, Switzerland 30 Juni 2022.

Atlet Panjat Tebing Indonesia Dominasi Podium Speed IFSC Masters Neom 2023


Peringkat ketiga dipastikan oleh atlet Indonesia, Rahmad Adi Mulyono dengan catatan waktu 5,43 detik saat menang dari atlet Kazakhstan, Amir Maimuratov.

Diharapkan atlet-atlet Indonesia akan semakin baik, khususnya pada Olimpiade Paris 2024. “Kita sama-sama tahu kita sudah punya dua perwakilan atlet Indonesia di sana. Harapannya, dua atlet ini akan maksimal untuk tampil nanti di Olimpiade,” kata Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 November 2023.

tentunya kami juga berharap masih akan ada atlet lain yang menyusul keduanya di kualifikasi yang akan datang,” sambungnya.

Prestasi dan ambisi terus berprestasi dari cabang olahraga panjat tebing terus didukung oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kontingen panjat tebing Indonesia, yang berhasil mendominasi podium nomor speed IFSC Neom 2023. Ini prestasi membanggakan Indonesia,” katanya.

Dengan prestasi itu, mata dunia memandang Indonesia dahsyat dan perkasa. Terima kasih kepada kerja keras atlet, pelatih, ofisial dan FPTI di bawah kepemimpinan Ibu Yenny Wahid,” sambungnya.

Semoga prestasi ini dapat memotivasi untuk bisa berprestasi pada setiap kejuaraan, termasuk Olimpiade. Tidak hanya kemampuan yang perlu diasah namun juga mental juara. Dengan menjadi juara di setiap keikutsertaannya, saya yakin atlet-atlet panjat tebing Indonesia akan mampu menjadi unggulan pada Olimpiade Paris 2024” tambahnya.

(mir)

Baca juga :