Tangan dan Kaki Sama-sama Beraksi di Fullball

Tangan dan Kaki Sama-sama Beraksi di Fullball - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Fullball adalah jenis olahraga yang dimainkan oleh 2 (dua) tim, masing-masing tim terdiri dari 5 (lima) pemain. Pertandingan dipimpin oleh wasit, petugas meja, dan seorang komisioner. Fullball merupakan inovasi olahraga terbaru yang lahir di Indonesia dengan menggabungkan unsur-unsur permainan sepak bola, futsal, dan bola basket.

Fullball diciptakan oleh Rizky Arief Dwi Prakoso beserta rekan-rekannya pada 2022. Rizky Arief diketahui juga merupakan CEO HMNS, merek parfum lokal ternama di Indonesia. Sebelum mendirikan HMNS, ia juga sempat menjadi CEO NAH Project, brand sepatu lokal yang sempat dipakai Presiden Jokowi sebagai daily wear-nya.

Alat & aksesoris dalam Fullball
Dalam permainan Fullball, dibutuhkan beberapa alat berikut :

Fullball Target.
Tiang yang dipasangkan di atas mistar gawang. Jika berhasil mengenai bola ke target, akan dapat 2 poin kalau dilempar dengan tangan, dan 3 poin jika menggunakan tendangan.

Bola Fullball.
Bola dengan karakteristik yang bouncy, ringan, dan tidak sakit jika dibenturkan secara kuat ke tubuh pemain. Ukuran bola 5, mendekati bentuk & pola bola voli.

Mencetak Poin
Dalam Fullball, terdapat 2 cara untuk mencetak poin; dengan menendang bola ke gawang atau mengenai target dari luar hand zone atau melempar bola mengenai target.

Perhitungan poin
Sistem penghitungan poin dalam permainan fullball ada dua cara, yaitu menendang bola ke gawang atau mengenai target di luar handzone. Selain itu, melempar bola mengenai target juga bisa mendapatkan poin.

Tangan dan Kaki Sama-sama Beraksi di Fullball

Dalam permainan Fullball terdapat 3 jenis poin:

  • 2 poin diberikan jika pemain melempar bola mengenai target lawan
  • 2 poin diberikan jika pemain menendang bola ke gawang lawan dari luar hand zone
  • 3 poin diberikan jika pemain menendang bola dan mengenai target lawan dari luar hand zone

Lapangan
Setiap pemain fullball boleh menggunakan kaki untuk mengendalikan bola seperti dalam sepak bola konvensional. Namun setiap pemain juga boleh memegang bola dengan tangan dan bergerak aktif seperti halnya pada olahraga bola basket.

Lapangan yang digunakan fullball mirip dengan lapangan futsal. Namun, ditambah papan hitam bundar yang terletak di atas gawang. Durasi permainan fullball sebanyak 2 babak, masing-masing babak selama 20 menit.

Ketentuan lapangan yang compatible untuk permainan Fullball :
Rata, halus, tidak ada hambatan untuk memantulkan bola. Bisa menggunakan lapangan futsal atau lapangan basket (ada gawangnya, biasanya gabungan futsal & basket dalam 1 lapangan yang sama).

  • Garis hand zone, radius 7 meter dari mulut gawang
  • Garis red zone, jarak 1 meter dari mulut gawang
  • Dipasangkan “target” di tengah mistar di kedua gawang

Tim
Karena Fullball adalah olahraga tim, berikut ketentuan tim dalam permainan Fullball :

  • Jumlah orang yang main di lapangan dalam 1 tim sebanyak 5 pemain.
  • Dalam kompetisi resmi, setiap tim harus minimal 7 hingga 12 anggota, yang berhak bermain (termasuk kapten), pelatih kepala, dan maksimum 8 orang delegasi pendamping, seperti asisten pelatih, medis

Sebuah tim tak dibatasi untuk melakukan pergantian pemain, asalkan melapor ke petugas meja lapangan dan pemain pengganti bisa bermain setelah dipanggil masuk oleh wasit

Posisi Pemain
Dalam permainan fullball, setiap tim terdiri dari lima pemain. Setiap pemain memiliki posisi dan tugasnya masing-masing.

  • Hustler : Pemain yang bertanggung jawab menjaga gawang atau target.
  • Midlane : Pemain yang berada di depan hustler, untuk menjaga garis pertahanan tim. Pemain ini juga bertugas mengontrol bola dan mengatur serangan.
  • Sidelane : Pemain yang berada di posisi sayap sebagai penghubung antara serangan dan pertahanan tim.
  • Frontliner : Pemain depan yang fokus mencetak poin, sehingga butuh pemain dengan akurasi lemparan dan tendangan yang baik.

Durasi Permainan
Dalam kompetisi resmi, Fullball dimainkan dalam 2 babak dengan durasi masing-masing babak selama 20 menit, tidak termasuk waktu tambahan. Untuk fun game diperbolehkan bermain dalam waktu 10 menit saja per babak.

Aturan Umum Permainan

Berikut aturan umum & istilah yang ada dalam permainan Fullball:
Tip off :
Permainan dimulai dengan kedua tim berdiri di masing-masing area, kemudian wasit akan melempar bola dari titik tengah lapangan, dan masing-masing frontliner harus merebut bola diudara dengan cara di-tip untuk diambil oleh teman 1 tim.


Throw in :
Bola yang keluar dari sisi kanan atau kiri lapangan, dapat dimainkan kembali dengan melempar ke dalam lapangan.

Corner throw :
Bola yang dilemparkan ke dalam lapangan dari pojok lapangan.

Free throw :
Hadiah untuk pelanggaran dalam lapangan, di luar hand zone. Posisi lemparan dari titik dimana pelanggaran dilakukan oleh tim lawan.

Penalty kick :
Hadiah untuk pelanggaran di dalam hand zone. Ada 2 pemain yang bertugas untuk mengeksekusi; pelempar & penendang. Pelempar bertugas melemparkan bola ke penendang dari titik yang sudah ditentukan di sisi sebelah kiri atau kanan lapangan. Penendang bertugas untuk menendang bola yang dioper oleh pelempar dari titik penalti di tengah lapangan.

Semoga paham tentang permainan Fullball ini yaa.

(adm/mir)

Baca juga :