Asian Rifle Pistol Championship 2024 Jakarta Jadi Perebutan Atlet Menembak Indonesia

Asian Rifle Pistol Championship 2024 Jakarta Jadi Perebutan Atlet Menembak Indonesia - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Kejuaraan Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Jakarta telah resmi dibuka pada Sabtu malam tanggal 6 Januari 2024. Lapangan Tembak Senayan akan menjadi venue kompetisi yang digelar tanggal 5-18 Januari 2024.

Kejuaraan ini diikuti sebanyak 397 atlet, 684 Starts, dan 151 Ofisial dari 29 negara. Hebatnya, ada beberapa nomor pertandingan yang berdampak pada tiket Olimpiade Paris 2024.

Dalam Kejuaraan kali ini turut hadir Menteri Pemuda Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito ariotedjo, Presiden Kehormatan Asian Shooting Confederation (ASC) H.E. Kuo Chung Hsing, dan beberapa tokoh lainnya.

Asian Rifle Pistol Championship 2024 Jakarta Jadi ajang Perebutan Atlet Menembak Indonesia - iMSPORT.TV

Membuka kejuaraan kali ini Ketua Umum PB.Perbakin Letjen TNI Purn Joni Supriyanto mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan bergengsi internasional.

Mendapat kepercayaan kejuaraan internasional menjadi hasil positif dari kerja keras pembinaan dalam prestasi menembak Indonesia di lingkup Internasional. Saya berterima kasih kepada Asian Shooting Confederation yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan kali ini, hal ini menjadi kebanggaan sekaligus menjadi penyemangat Perbakin dalam meningkatkan prestasi menembak Indonesia.” Tegas Ketum PB.Perbakin.

Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, yang diwakili Waketum I Mayjen TNI Purn Dr.Suwarno mengapresiasi olahraga menembak Indonesia yang dibina Pengurus Besar Persatuan Menembak Dan Berburu Seluruh Indonesia (PB.Perbakin).

Kali ini PB.Perbakin mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah kejuaraan yang diikuti 29 negara dan 397 atlet, bersejarah karena banyaknya peserta. KONI Pusat memberikan apresiasi tinggi,” katanya.

Asian Rifle/Pistol Championship 2024 Jakarta Jadi Perebutan Atlet Menembak Indonesia

Terlebih ada 8 nomor pertandingan yang mana masing-masing memiliki 2 kuota Olimpiade Paris 2024. Dari total 16 kuota tersebut, KONI Pusat berharap ada atlet Indonesia yang meraihnya.

Kita berharap ada lebih dari satu atlet Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024.,” sambungnya.

Selain itu Indonesia harus mendapatkan pengalaman, baik atlet dalam berkompetisi pada tingkat internasional dan PB.Perbakin dalam menyelenggarakan kompetisi internasional,” tambah Suwarno.

Induk cabang olahraga anggota KONI Pusat perlu pengalaman dan keahlian dalam menyelenggarakan kompetisi internasional, mengingat ambisi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade suatu saat nanti.

Menpora sampaikan harapannya agar ada atlet-atlet Indonesia yang meraih tiket Olimpiade Paris 2024. Pada Olimpiade Tokyo 2020, atlet menembak Indonesia yang bertanding hanya satu orang, yakni Vidya Rafika. Ke depan, diharapkan lebih banyak atlet Indonesia berlaga di Olimpiade dan juga meraih medali.

Tak hanya itu, dalam sambutannya, ia menilai bahwa penyelenggaraan kompetisi internasional ini juga memiliki nilai penting bagi para atlet yang hadir. “Kepada para peserta kalian bukan hanya delegasi negara tapi juga ikon olahraga menembak,” katanya.

Anggota Kehormatan President of Asian Shooting Confederation Mr. Kuo Chung Shing juga turut memberikan sambutan sekaligus mengapresiasi kontribusi PB.Perbakin dalam kejuaraan ini.

Mewakili Presiden Asian Shooting Confederation Sheikh Salman, saya mengucapkan terima kasih kepada Ketum PB.Perbakin, seluruh peserta dan para juri atas kontribusi yang diberikan dalam kejuaraan kali ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada President Sheikh Salman yang terus berupaya untuk mengurangi kuota Olimpiade di Asia dari Federasi Olahraga Menembak Nasional, sehingga memungkinkan atlet-atlet Asia yang berprestasi untuk berpartisipasi dalam Olimpiade dan membawa kejayaan bagi Asia, saya berharap di bawah kepemimpinan Sheikh Salman, semua atlet di Asia dapat terus meningkatkan persatuan, kerukunan dalam kompetisi olahraga.” Ucap Mr. Kuo Chung Shing.

Penyelenggaraan ini memegang prinsip sportivitas, persaudaraan melangkah bersama dan berprestasi, tukar menukar informasi di masing-masing negara menjadi pengalaman berharga untuk semua tim, sekali lagi selamat bertanding dan terus junjung sportivitas, saya yakin akan terjadi pemecahan rekor dunia pada hari ini.” Ujar Ketum PB.Perbakin.

(mir)

Baca juga :