Nathan Tjoe-A-On Visual Gaya Permainan Shin Tae-yong

Nathan Tjoe-A-On Visual Gaya Permainan Shin Tae-yong - IMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Nathan Tjoe-A-On, jadi bagian penting dalam skuad Timnas Indonesia U-23 di fase grup Piala Asia U-23 2024. Fullback yang tengah menjalani masa peminjaman bersama SC Heerenveen iini, selalu tampil dalam tiga matchday Grup A.

Nathan tampil sebagai pemain pengganti, saat Timnas Indonesia U-23 takluk 0-2 dari tuan rumah Qatar, pertengahan April lalu, sebelum bermain penuh saat Garuda Muda menekuk Australia 1-0 pada Kamis (18/4/2024).

Pemain berusia 22 tahun itu kemudian kembali tampil penuh, bermain sebagai gelandang bertahan, saat Timnas Indonesia U-23 melumat Yordania 4-1 (Minggu, 21/4/2024). Kemenangan atas Yordania ini memastikan skuad Garuda Muda melangkah ke babak perempat final.

Nathan menjadi motivator pemain lainnya dalam bermain dengan pola permainan yang membuat timnya lebih percaya diri. Jadi, Timnas Indonesia U-23 bergantung pada Pratama Arhan sebagai fullback kiri, sementara di lini tengah, peran tersebut diberikan kepada Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner.

Nah, kehadiran Nathan di skuad Timnas Indonesia juga membuat persaingan di lini belakang semakin sengit. Sebelumnya Shin Tae Yong sudah punya Pratama Arhan dan Shayne Pattynama, untuk posisi bek kiri.

Mengenai kontribusinya memperkuat Timnas U-23 maju ke babak berikutnya, Nathan merasa bangga dan puas atas kerja keras tim.

 

Nathan Tjoe-A-On Visual Gaya Permainan Shin Tae-yong

Saya pikir kami bermain baik. Kami hanya punya waktu sedikit untuk mempersiapkan laga ini,” ungkap Nathan, dikutip dari tvOnenews.. “Tapi dari segi permainan, kami memang layak untuk menang dan memperlihatkannya dengan intensitas, kekuatan, bermain sebagai tim,” ungkap Nathan.

Mengenai namanya yang unik. Meski ada darah Indonesia-Belanda, tapi nama pemain bernomor punggung 23 ini seperti mengandung unsur Tionghoa.

Masih banyak yang penasaran, bagaimana spell nama Nathan Tjoe A On?” tulis salah satu akun. Ada juga warganet yang mencoba memberikan penjelasan ilmiah dari segi tata bahasa, termasuk cara membacanya.

Tjoe itu nama Indonesia dari marga Tionghoa Zhu. Jadi namanya berbau Tionghoa yg biasanya 3 kata, Zhu A On,” jelas salah satu warganet.

Tjoe A On ini tipikal nama Tionghoa-Indonesia & Tionghoa-Suriname, mungkin bagi Nathan ada keturunan Tionghoa entah dari kakeknya asal Semarang atau keluarganya yang dari Suriname,” timpal warganet lainnya.

Profil Nathan Tjoe A On

Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang lahir di Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2001. Nathan memiliki darah Indonesia dari sang kakek (ayah dari ibu) yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Kakek Nathan lahir di Semarang pada 22 Januari 1941. Sang kakek pindah ke Belanda bersama ibunya. Setelah ayahnya meninggal dalam perang, kakek Nathan menikahi wanita asal Belanda.

Karier sepak bola Nathan bermula di tim junior VV Nieuwerkerk dan Excelsior. Sempat membawa Excelsior promosi ke Eredivisie pada 2022. Nathan melakoni debut di kasta tertinggi Liga Belanda, dan Excelsior mampu kalahkan SC Cambuur (12 Agustus 2022).

Pada musim 2022/2023, Nathan bermain 29 kali di Eredivisie dan mencetak satu gol, yakni saat melawan FC Emmen (9 September 2022).

Penampilan apik Nathan bersama Excelsior membuat mantan klub Premier League, Swansea City, terpincut. Klub asal Wales yang bermain di kasta kedua Liga Inggris, Championship, segera merekut Nathan (13 Agustus 2023) dengan kontrak tiga tahun

Sayang, Nathan gagal mendapat kepercayaan dari pelatih Michael Duff dan Alan Sheehan. Pelatih baru Swansea City, Luke Williams, kemudian memutuskan untuk meminjamkan Nathan ke Heerenven (25 Januari 2024). Nathan bergabung dengan Thom Haye di Heerenveen.

Nathan Tjoe-A-On memulai karier sepak bola sebagai winger kiri. Namun, di karier profesionalnya bersama Excelsior di Eredivisie, Nathan bermain sebagai bek kiri, juga sempat bermain sebagai bek tengah.

Itulah Nathan yang tiba-tiba jadi viral di medsos Indonesia karena permainannya yang apik. Selanjutnya, bersyukur atas upaya PSSI, Nathan akhirnya diijinkan klubnya, Heerenveen kembali untuk memperkuat timnas Indonenesia di Piala AFC U-23 di Doha, Qatar, Indonesia melawan Korea Selatan, pada Jumat, 26 April 2024 dini hari WIB.

Hasilnya? Timnas Indonesia U-23 mampu maju ke semifinal Piala Asia U-23 2024, setelah menggagalkan langkah Korsel ke Olimpiade, lewat duel panjang nan melelahkan, yang dituntaskan lewat adu penalti. Bravo..Timnas Indonesia!

Lainnya :