10 Penyerang Timnas Indonesia Dari Masa ke Masa

10 Penyerang Timnas Indonesia Dari Masa ke Masa - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Penyerang Timnas Indonesia, Sepak bola memang olahraga yang punya magnit tersendiri. Sangat kuat.. Penggemarnya dari usia muda sampai usia tua. Semua gemar nonton sepak bola. Jadi tak heran kalau nama-nama pemainnya begitu hafal di kepala. Apalagi jika sang pemain sering menjebolkan bola ke gawang… Namanya langsung melejit!

Striker, pemain dengan catatan tersendiri bagi penggemar bola bundar ini. Sayangnya, Timnas Indonesia saat ini belum menghasilkan sosok striker tajam seperti masa lampau. Dalam beberapa tahun terakhir, muncul nama-nama baru yang silih berganti mengisi pos itu, atau mungkin bahkan striker naturalisasi.

Sebelumnya, sempat muncul nama-nama seperti Cristian Gonzales, Beto Goncalves, Greg Nwokolo, sampai Ilija Spasojevic.

Di skuat arahan Shin Tae-young saat ini, ada tiga striker yang menjadi produk didikan klub dalam negeri. Mereka adalah Dimas Drajad, Hokky Caraka, dan Ramadhan Sananta.
Dari tiga nama itu, hanya Dimas Drajad yang konsisten memberikan prestasi sejak usia belia. Dia pernah meraih trofi juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-23 2019 yang semuanya di bawah arahan Indra Sjafri.

Dimas Drajad termasuk striker lokal yang tajam bersama klubnya Persikabo 1973 di BRI Liga 1. Dia mampu menunjukkan ketajamannya dalam membobol gawang lawan. Sedang Hokky Caraka dan Ramadhan Sananta, dua striker muda yang masih perlu proses agar semakin matang. Kemampuan keduanya sudah tak diragukan, hanya saja perlu jam terbang.

Dalam catatan sejarah sepak bola sebelumnya, Indonesia telah melahirkan banyak pemain hebat, pemain-pemain menjadi ujung tombak yang selalu hadir memberikan kemenangan untuk timnya. Inilah striker terbaik Indonesia sepanjang masa.

1. Andi Ramang

Andi Ramang merupakan sosok legendaris, jadi salah satu striker paling dikenal di Indonesia. Kemampuan mencetak golnya luar biasa dan naluri pencetak gol alaminya menjadikan dia ikon dalam perjalanan sepak bola Indonesia.

Andi Ramang, legenda sepak bola Indonesia yang diakui FIFA. Dia lahir pada 24 April 1924 di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, dan meninggal pada 26 September 1987. Andi Ramang dikenal sebagai penyerang kelas atas Indonesia pada dekade tahun 1940-an akhir hingga 1960-an. Kemampuan mencetak golnya luar biasa, sehingga dijuluki sebagai Kurcaci Monster.

Andi Ramang, pemain yang setia untuk PSM Makassar dalam dua periode (1947-1960 dan 1962-1968), juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia, mencetak 19 gol hanya dalam 5 pertandingan. Andi Ramang bahkan pernah membobol ke gawang Lev Yashin, kiper terhebat Uni Soviet saat itu.

Ricky Yakobi penyerang timnas dari masa ke masa - iMSPORT.TV

2. Ricky Yakobi

Ricky Yakobi, salah satu striker berbakat yang telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan sepak bola Indonesia. Dia dianggap sebagai pionir dalam pergerakan pemain Indonesia ke luar negeri.

Ricky Yacobi, legenda sepak bola Indonesia, lahir pada 12 Maret 1963 di Medan, Sumatera Utara. Ricky dikenal sebagai penyerang terbaik Indonesia di masanya, dan merupakan striker andalan Timnas Indonesia di era 1980-an. Dia memperkuat skuat Garuda mulai 1985 – 1991 dan berhasil membawa medali emas dalam SEA Games 1987.

10 Penyerang Timnas Indonesia Dari Masa ke Masa

Kurniawan Dwi Yulianto penyerang timnas dari masa ke masa - iMSPORT.TV

3. Kurniawan Dwi Yulianto

Ada lagi yang harus dikenal, Kurniawan Dwi Yulianto. Permainan yang rapi dan efektif, membuat Dwi Yulianto dikenal sebagai pencetak gol ulung yang berhasil meninggalkan jejak dalam sejarah Liga Indonesia.

Lahir pada 13 Juli 1976 dan memulai karir sepakbolanya di klub PSIS Semarang pada 1994. Kurniawan Dwi Yulianto kemudian bermain untuk klub-klub besar di Indonesia diantaranya, Persija Jakarta, Arema Malang, dan Sriwijaya FC. Sebelum berkarir di dalam negeri, Kurniawan memiliki karir yang sukses di Eropa, dia bermain untuk FC Luzern di Swiss.

Bambang Pamungkas penyerang timnas dari masa ke masa - iMSPORT.TV

4. Bambang Pamungkas

Sumbangsih Bambang Pamungkas dalam sepak bola Indonesia, tak bisa diabaikan. Kapten timnas ini karismatik, gak hanya mencetak gol, tetapi juga jadi inspirasi bagi banyak generasi muda yang ingin mengikuti jejaknya. Salah satu kelebihannya yaitu, lompatan yang pas dan teknik sundulan yang akurat.

Bambang Pamungkas, atau dikenal dengan sebutan Bepe, lahir di Getas, Semarang pada 10 Juni 1980, menggeluti sepak bola sejak kecil dan bergabung dengan klub lokal seperti, SSB Getas, SSB Ungaran Serasi, dan Klub Diklat Salatiga.

Karir profesionalnya dimulai ketika ia bergabung dengan klub PSIS Semarang (1994). Selama karirnya, Bepe pernah membela klub-klub besar di Indonesia seperti Persija Jakarta, Arema Malang, dan Sriwijaya FC. Dia juga menjadi bagian dari Timnas Indonesia dan mencetak 37 gol dalam 85 penampilan.

Boaz Solossa penyerang timnas dari masa ke masa - iMSPORT.TV

5. Boaz Solossa

Boaz masuk dalam daftar pemain terbaik Indonesia. Boaz Solossa adalah ikon dari sepak bola Papua, juga tentunya Indonesia. Kecerdasannya dalam mengolah bola dan kemampuannya mencetak gol spektakuler, menjadikannya salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Lahir pada 16 Maret 1986 di Jayapura, Papua, dan memulai karir sepak bola profesionalnya bersama klub Persipura Jayapura (2004). Boaz berhasil mengembangkan karirnya hingga menjadi pemain andalan Timnas.
Boaz Solossa memiliki kecepatan, kelincahan, dan ketepatan dalam menyelesaikan peluang gol, juga kemampuan kepemimpinan yang kuat, terbukti dengan perannya sebagai kapten Timnas Indonesia dan Persipura Jayapura. Boaz juga telah meraih berbagai penghargaan individu, termasuk Pemain Terbaik Liga Indonesia (2008).

Soetjipto Soentoro timnas dari masa ke masa - iMSPORT.TV

6. Soetjipto Soentoro

Era awal sepak bola Indonesia, Soetjipto Soentoro menjadi sorotan, berkat gol-golnya yang indah dan strategi permainan yang cerdik. Dikutip dari Bola.com, status Soetjipto Soentoro sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas Indonesia, masih sedikit menuai kontroversi.

Yang pasti, pada masanya, dia adalah penyerang yang sering membuat tim lawan yang mulanya bertahan, tapi kewalahan melihat kemampuannya dalam mencetak gol. Berkembang dan melatih kemampuannya di Persija Jakarta, membuat dirinya tercatat sebagai pemain berbakat untuk Tim Merah-Putih (1960-1980).

Sejak bergabung dengan Persija di usia 16 tahun, dia tak jarang ikut bertanding ke Eropa mewakili Indonesia dalam Piala Yunior Asia 1959. Di turnamen ini, Soetjipto jadi pemain yang mencetak gol terbanyak, dengan total 14 gol.

Rochy Putiray timnas indonesia

7. Rochy Putiray

Satu lagi striker yang main penuh semangat dan dedikasi tinggi, Rochy Putiray. Penampilanya unik, permainannya energik, dan telah memberikan kontribusi bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

Sebagai penyerang, ia banyak membobol klub, bahkan tercatat pernah menghasilkan 177 gol dari 219 pertandingan, saat membela Arseto Solo. Karir profesionalnya, sempat ke luar negeri, dipinjam oleh Dukla Prague, klub Liga Ceko. Dia juga diingat sebagai pemain Indonesia yang sukses bobol gawang AC Milan… Woooow…

Budi Sudarsono timnas Indonesia

8. Budi Sudarsono

Kalau membahas Budi Sudarsono, maka terlintas peranannya dalam Timnas. Kemampuannya dalam mencetak gol di saat-saat penting, menjadikannya nama besar dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Budi Sudarsono lahir pada 23 Januari 1979 di Kediri, Jawa Timur. Budi Sudarsono memulai karir sepak bola profesionalnya bersama klub Persebaya Surabaya (1999). Sejak itu, ia menjadi pemain kunci dalam kesuksesan klub tersebut, meraih berbagai gelar juara, termasuk Liga Indonesia dan Piala Indonesia.

Budi telah menjadi bagian dari Timnas Indonesia sejak 2002, dan mencatatkan penampilan yang mengesankan, mencetak banyak gol penting untuk Timnas Indonesia. Budi pernah dipercaya menjadi kapten Timnas Indonesia di bawah arahan pelatih Ivan Kolev.

Prestasi Budi sebagai salah satu pemain terbaik, gak bisa dipungkiri. Ia memiliki kecepatan dan ketepatan dalam membuat peluang, juga punya kemampuan kepemimpinan yang kuat, terbukti dengan perannya sebagai kapten Timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya.

9. Widodo Cahyono Putro

Sebagai ikon sepakbola Indonesia, Widodo Cahyono Putro, kontribusinya tak diragukan lagi, baik di level klub dan internasional. Ia telah memberikan pengaruh yang besar bagi sepak bola tanah air.

Widodo adalah mantan pemain sepak bola Indonesia yang diakui sebagai salah satu penyerang terbaik Indonesia, memulai karir sepak bola profesionalnya bersama Warna Agung (1990). Bersamaan dengan perkembangan karirnya, ia sering menjadi pemain kunci dalam klub yang dia bela.

Widodo juga telah meraih berbagai gelar juara, termasuk Liga Indonesia dan Piala Indonesia. Salah satu momen yang diingat dari Widodo, adalah gol saltonya ke gawang Kuwait.

10. Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma, pemain yang layak disebut sebagai salah satu penyerang terbaik Indonesia. Lahir pada 19 September 1978, di Palembang. Ia memulai karir sepak bola profesionalnya bersama klub Persita Tangerang (1996). Di klub ini dia berkembang dan memainkan banyak pertandingan profesionalnya.

Dia menjadi top skor serta pemain terbaik Liga Indonesia (2002) bersama Persita Tangerangan. Ilham telah menjadi bagian dari Timnas Indonesia sejak tahun 1996 dan mencatatkan penampilan yang mengesankan, mencetak banyak gol penting untuk Timnas Indonesia. Gues, harusnya setuju jika prestasi Ilham sebagai salah satu penyerang terbaik sudah terbukti. Ia punya insting yang kuat dalam menyelesaikan peluang gol. Kereeeen…!

(adm/mir)

Lainnya :