ANOC Rilis 4 Cabor Tambahan di World Beach Games 2023 Bali

ANOC Rilis 4 Cabor Tambahan di World Beach Games 2023 Bali

iMSPORT.TV – Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) resmi merilis empat cabang olahraga tambahan yang dipertandingkan pada multiajang olahraga air dan pantai sedunia World Beach Games 2023 edisi kedua yang akan digelar di Bali.

Empat cabang olahraga (Cabor) tersebut Bola basket 3×3, AirBadminton, rowing, dan selancar (longboard dan shortboard). Untuk basket 3×3, ini menjadi kali kedua tampil setelah menjadi bagian dari ANOC World Beach Games perdana di Qatar 2019. Sedangkan AirBadminton, World Rowing Beach Sprint, dan Surfing akan menjalani debut mereka di AWBG 2023.

AirBadminton nomor baru yang diluncurkan Badminton World Federation (BWF) pada 2019 untuk menciptakan peluang bagi orang-orang dari segala usia untuk bermain bulu tangkis di permukaan keras, rumput, dan pasir yang berada di taman, kebun, jalan, taman bermain, dan pantai di seluruh dunia. Kuota atlet AirBadminton Bali 2023 sebanyak 72 atlet (36 putra dan 36 putri).

Untuk Rowing, disiplin nomor sprint pantai pertama kali berlangsung pada 2019. Kini kembali diperkenalkan dengan tampilan format baru yang menarik yang akan membuat olahraga tersebut mendapatkan penggemar baru.

Kuota Rowing Beach Sprint di Bali 2023 adalah 80 atlet (40 putra dan 40 putri) dan untuk Sistem Kualifikasi akan disepakati bersama antara ANOC dan Federasi Rowing Dunia.

Cabor surfing kategori shortboard akan ditampilkan di Bali 2023 setelah debutnya yang sukses di Olimpiade Tokyo 2020. Sebanyak 32 putra dan 32 putri akan bersaing serta 16 atlet putra dan 16 putri di kategori longboard.

ANOC Rilis 4 Cabor Tambahan di World Beach Games Bali 2023

Sementara itu, 10 cabor lain yang juga akan dihelat World Beach Games 2023 diantaranya polo air pantai, sepak bola pantai, bola tangan pantai, tenis pantai, aquathlon, voli pantai, selancar layang, karate kata perseorangan, renang perairan terbuka 5km, dan gulat pantai.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama ANOC menambahkan keempat cabor tambahan berdasarkan prinsip dan komitmen yang dinilai terbukti sangat populer di kalangan atlet dan penggemar.

Satu tahun lagi menuju ANOC World Beach Games Bali 2023, kami senang akhirnya dapat mengonfirmasi seluruh program olahraga dan memberikan kepastian kepada NOC dan atlet kami di seluruh dunia terkait apa yang akan direncanakan untuk tahun depan,” kata Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Lindberg dalam pernyataan tertulis, Kamis (04/08/2022).

Kami sangat senang dengan program kami yang menggabungkan disiplin ilmu modern dengan melibatkan atlet baru dan generasi penggemar baru. Kami tidak ragu bahwa Bali akan menggelar pertandingan yang tak terlupakan yang menampilkan olahraga pantai dan air terbaik yang menyenangkan”.

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan multievent dua tahunan ini akan diikuti lebih dari 1.500 atlet dari lebih 100 negara, serta dihadiri 205 NOC dan para petinggi organisasi olahraga dunia, seperti Presiden ANOC Robin Mitchel, Presiden Badan Anti-Doping Dunia WADA Witold Banka hingga Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Komite Olimpiade Indonesia terus bekerja keras dan berkoordinasi intensif dengan pemerintah daerah dan pusat, serta dengan ANOC untuk menyukseskan gelaran World Beach Games Bali 2023” pungkas Okto.

(mir)

Baca : Lewati Target! Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2022