Chris John Sang Petinju Super Champions

Chris John Sang Petinju Super Champions - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Yohannes Christian John, petinju profesional terbaik yang pernah dimiliki indonesia. Chris John menyandang gelar Super Champions, karena sanggup pertahankan gelar Juara Dunia kelas bulu versi WBA, sebanyak 18 kali.

Petinju kelahiran Banjarnegara, 14 September 1979 ini, pernah jadi atlet wushu disamping tinju di usia 5 tahun, oleh ayahnya ‘Johan Tjahyadi’, yang juga mantan petinju. Tapi akhirnya Chris lebih memilih jadi petinju.

Di sepanjang karier profesionalnya [1998-2013]. dari 52 laga yang telah dijalani, punya catatan fantastis. Menang 48 kali, 22 di antaranya hasil KO, tiga kali seri, dan hanya menelan kekalahan satu kali.

Berjuluk The Dragon ini berhasil catatkan namanya sebagai petinju legendaris Indonesia kelima, yang sukses raih gelar Juara Dunia. Sebelumnya ada Ellyas Pical, Nico Thomas, Ajib Albaradio, dan Suwito Lagola.

Awali karier di kejuaraan tinju amatir di Banjarnegara, aksinya langsung mencuri perhatian pelatih tinju kenamaan, Sutan Rambing. Sejak saat itu, Chris John direkrut ke Sasana Bank Buana, Semarang, Jawa Tengah.

Di bawah kepelatihannya (Sutan Rambing), kemampuannya semakin matang. Pada 1997, jadi debut pertamanya di level professional. Sebelumnya menang atas Firman Kanda dan menang berturut-turut di empat partai berikutnya.

Chris John Sang Petinju Super Champions

September 2003, Chris John berhasil merebut gelar WBA kelas bulu dari Oscar Leon (Kolombia). Oscar dengan postur dan jangkauan lebih dari Chris, tapi Chris mampu menjawab keraguan, dan berhasil menang. Ini pertama kalinya sabuk gelar Juara Kelas Bulu WBA, menempel di pinggangnya.

Catatan lainnya, adalah saat bertarungan saat melawan petinju kelas bulu terkuat saat itu [mantan raja kelas bulu WBA dan IBF], Juan Manuel Marquez asal Meksiko. Dalam pertandingan tersebut, Chris John menang angka mutlak selama 12 ronde.

Karier Chris John 
Total Pertandingan : 52
Menang                  : 48
Menang KO            : 22
Imbang                   : 3
Kalah                      : 1

Gelar Juara Chris John

  • Juara Dunia Kelas Bulu versi PABA.
  • Juara Dunia Kelas Bulu WBA (18 kali mempertahankan) Super Champion

Medali Chris John

  • Medali Emas di SEA Games 1997 (Wushu Sanda)
  • Medali Emas di PON 2000 (Wushu Sanda)
  • Medali Perunggu SEA Games 2001 (Wushu Sanda)

Menginjak 34 tahun, era kejayaan Chris John mulai memudar [pada 2013]. Tak bisa dipungkiri, usia jadi kendala. Pergerakan dan stamina tak seperti dulu. Keinginan bertarung masih tinggi, tapi sang istri memperingatkannya untuk tak bertarung lagi.

Kehebatan Chris John akhirnya takluk oleh petinju asal Afrika Selatan, Simpiwe Vetyeka, saat melawannya, ‘The Dragon’ tersungkur dipukul KO, di ronde keenam. Chris John harus lebih realistis. Keputusan pensiun pun diambil.

Siapa sangka pemilik gaya tarung orthodox ini punya keahlian lain dan pernah jadi atlet profesional Wushu nomor Sanda, dengan medali emas di SEA Games 1997, emas di PON 2000 dan Perunggu SEA Games 2001.

Kesempatan akhirnya datang di 2003, merebut gelar lowong WBA. Saat itu ada konfrensi di Bali. WBA beri kesempatan orang Indonesia yang sudah ada di dalam ranking. Puji Tuhan, saya bisa mendapat kemenangan. Dream come true,”

Setelah jadi Juara Dunia, Chris John putuskan untuk meningalkan wushu. “Saya harus fokus di tinju, saya harus totalitas,” katanya menegaskan. (amr)

Baca :