BERITA, EVENT, SPORTS

PB PASI Kerja Sama Dengan DBL Indonesia Selenggarakan Student Athletics Championships

PB PASI Kerja Sama Dengan DBL Indonesia Selenggarakan Student Athletics Championships - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT DBL Indonesia untuk bekerjasama menyelenggarakan kejuaraan atletik tingkat pelajar terbesar se-Indonesia bertajuk Student Athletics Championships (SAC). PB PASI bersama DBL ingin memasifkan dan memasyarakatkan olahraga atletik.

Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyambut baik kolaborasi dengan DBL Indonesia. Kerja sama ini diharapkan mampu melahirkan formulasi yang terbaik untuk memasifkan olahraga atletik di Indonesia, yang pada gilirannya bisa menghasilkan bibit-bibit unggul baru cabang olahraga atletik.

“Olahraga atletik merupakan ibu dari segala cabang olahraga. Jadi tak masuk akal Indonesia sebagai salah satu negara terpadat penduduknya tak bisa berprestasi di cabang atletik. Kerja sama ini saya harap bisa menjadi gerbang baru bagi masa depan olahraga atletik di Indonesia,” ujar Luhut dalam penandatanganan MoU yang berlangsung di Jakarta, Senin (15/8/2022).

PB PASI Kerja Sama Dengan DBL Indonesia Selenggarakan Student Athletics Championships

Student Athletics Championships diadakan di sembilan Regional Qualifiers yang mencakup Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok dan Mimika. Peserta terbaik dari masing-masing regional nantinya akan melanjutkan perjuangan ke tingkat National Championships yang diselenggarakan di Jakarta.

Di kategori Sekolah Dasar, akan dilombakan nomor Sprint 60m dan Lari Estafet 8x50m. Untuk kategori Sekolah Menengah Pertama, dilombakan nomor Sprint 80m, Lari Estafet 5x80m, Lari Jarak Menengah 800m, Lompat Jauh, dan Tolak Peluru. Sementara untuk kategori Sekolah Menengah Atas, dilombakan nomor Sprint 100m, Lari Estafet 1x100m, Lari Jarak Menengah 1000m, Lompat Jauh, dan Tolak Peluru.

Kompetisi ini akan bisa diikuti oleh 22.000 lebih pelajar dari lebih 400 sekolah mulai dari SD sampai SMA di Indonesia. Periode sosialisasi dan registrasi sudah berlangsung selama bulan Juli sampai Agustus. Untuk tahap Regional Qualifiers akan diselenggarakan bulan Agustus sampai September, lalu dipuncaki helatan National Championships pada bulan Desember 2022.

Luhut menambahkan, untuk memajukan olahraga harus ditempuh dengan berbagai pendekatan, strategi dan juga menggandeng bermacam stakeholders. Ia pun mengatakan sudah menggandeng berbagai pihak yang telah menyatakan komitmennya untuk membantu mengembangkan olahraga atletik.

“Kita harus terbuka dengan sistem baru dunia modern. Harus mau membuka diri dan bekerja sama dengan berbagai pihak, asalkan dengan tujuan yang benar. Kerja sama ini adalah salah satu langkah awal yang kita ambil, dan mari kita jalani proses ini secara bersama-sama,” ungkapnya.

Sementara Founder sekaligus CEO DBL Indonesia Azrul Ananda mengungkapkan, fokus dari penyelenggaraan Student Athletics Championship berbeda dengan Kejurda dan Kejurnas, yang misi utamanya adalah jadi ajang bagi atlet-atlet daerah untuk bertanding. SAC diharapkan bisa membantu PB PASI dalam menebar jala dan menemukan atlet-atlet di luar jalur yang sudah ada.

Misi utama ajang ini adalah menjaring sebanyak mungkin partisipan untuk mengenal atletik lebih dekat. Yang belum pernah merasakan jadi merasakan, kalau tidak jadi peserta, bisa jadi penonton. Harapannya nanti membuat atletik itu jadi lebih populer, lebih terkenal lagi,” ungka Azrul.

(mir)

Baca : 4 Negara Menunggu Timnas U16 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *