BERITA, SPORTS

Pesan Perdamaian Dalam Memperingati Olympic Day

iMSPORT.TV – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) membawa misi khusus dalam perayaan Olympic Day 2022 yang diperingati pada 23 Juni. NOC Indonesia menggelorakan misi perdamaian, seperti tema yang diusung Komite Olimpiade Internasional (IOC).

“Dalam perayaan Olympic Day tahun ini, NOC Indonesia menyuarakan sungguh-sungguh pesan perdamaian, seperti tema IOC yakni “Together for a better world,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.

“Olahraga merupakan sarana yang tepat untuk membawa pesan ini. Karena olahraga menjadi alat komunikasi universal untuk mempersatukan, tanpa adanya diskriminasi dan hal lain.”

“ Meskipun berkompetisi, olahraga bisa menunjukkan sisi persahabatan dan respek di lapangan.” sambungnya

Aspek tersebut menjadi poin utama dalam Olympic Values atau nilai Olimpiade, yaitu excellence (keunggulan), friendship (persahabatan) dan respect (saling menghargai).

Tiga hal ini diperkuat dengan pilar baru Olympic Movement (Gerakan Olimpiade) yaitu sustainability (keberlanjutan), inclusion (keikutsertaan), solidarity (solidaritas) dan peace (perdamaian).  Nilai-nilai ini diharapkan dapat membawa kontribusi besar bagi olahraga dunia.

Baca Juga: PRSI Rangkul Atlet Diaspora Untuk Perkuat Timnas Renang

Melalui peringatan Olympic Day, Okto juga menyuarakan pesan perdamaian bagi negara-negara yang tengah berkonflik.

Sebab dalam tatanan regulasi olahraga internasional, tak hanya atlet yang akan dirugikan. Tetapi dapat berimbas pada negara tersebut yang akan dilarang tampil di multievent internasional.

“Kepentingan olahraga bukan pribadi, tetapi kepentingan dan harkat derajat martabat bangsa. Tujuan dan semangat kita satu, yakni membuat Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar di puncak tertinggi di seluruh dunia. Kita harus tunjukkan olahraga Indonesia dapat bersatu demi terciptanya prestasi menuju kancah dunia yang lebih baik,” ujar Okto.

Pada peringatan tahun ini, NOC Indonesia berencana menggelorakan Olympic Day lewat rangkaian program yang sudah dirancang Komisi Sport for All. Baik secara daring melalui talk show memakai  semangat tagar #moveforpeace #olympic day maupun program luring.

Ketua Komisi Sport for All NOC Indonesia Ery Erlangga mengatakan telah menyiapkan rangkaian acara untuk menyebarkan gerakan Olimpiade di Tanah Air, mulai dari Pameran foto atlet-atlet yang akan menampilkan perjuangan atlet di SEA Games 2021 Vietnam dan acara puncak Olympic Day Run   pada 11 September 2022.

“Kami ingin menyosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, mulai  usia dini hingga dewasa lewat program-program yang akan dijalankan  Komisi Sport for All NOC Indonesia dalam peringatan Olympic Day tahun ini. Salah satunya dengan menggelar Olympic Day Run yang diharapkan dapat membuat gairah olahraga di Indonesia serta mengenalkan nilai-nilai Olimpiade,” tambah Ery.

Saksikan juga bincang-bincang spesial seputar Olympic day bersama Ibu Linda Wahyudi perwakilan dari komisi Sport For All hari ini jam 18:30 WIB live di Instagram NOC Indonesia.

Link live instagram NOC Indonesia : klik disini

(fid)

Sumber NOC Indonesia

Baca Juga:

Ronaldinho Bela Rans FC di Kandang Arema FC

 

Related Posts

One thought on “Pesan Perdamaian Dalam Memperingati Olympic Day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *