Sekretaris Kemenpora Ragu Olimpiade Bisa di Gelar Tahun Depan

Sekretaris Kemenpora Ragu Olimpiade Bisa di Gelar Tahun Depan- iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Gatot S Dewa Broto, yang menjabat SEKRETARIS Kementerian Pemuda dan Olahraga, yakin Komite Olimpiade Internasional (IOC) tidak akan mengambil resiko terkait keselamatan atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo tahun depan. Hal itu disampaikan Gatot menanggapi adanya keraguan jika Olimpiade bisa digelar jika belum ditemukan vaksin pencegahan covid-19.

Saya yakin IOC dan Jepang tidak akan ambil resiko. Yang terpenting bagi kami keselamatan dan kesehatan atlet nomor satu,” kata Gatot, Senin (20/4)

Sebelumnya, seruan agar adanya pemberian vaksin Covid-19 sebagai upaya realistis agar Olimpiade Tokyo bisa tetap digelar disampaikan profesor bidang kesehatan masyarakat global di University of Edinburgh, Skotlandia, Devi Sridhar. Dia meragukan Olimpiade Tokyo bisa dihelat tahun depan apabila vaksin virus korona belum ditemukan.

Yunus Nusi Resmi Gantikan Ratu Tisha

Sridhar mengatakan pengembangan vaksin menjadi kunci penting dalam penyelenggaraan Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade. Sementara, vaksin, menurutnya, diketahui baru bisa didapat setelah dilakukan pengujian selama satu atau satu setengah tahun.

Apabila kita bisa menemukan vaksinnya hingga tahun depan maka saya kira Olimpiade menjadi realistis bisa digelar tahun depan,” kata Sridhar dikutip dari BBC, Sabtu (18/4).

Ia menilai, vaksin Covid-19 yang efektif, terjangkau, dan tersedia ini nantinya akan mengubah kondisi saat ini. “Jika kita tidak dapat menemukan sebuah terobosan ilmiah, saya kira Olimpiade Tokyo tampak sangat tidak realistis,” ungkapnya, dilansir dari Todayline.

Baca Juga :