Tim Indonesia Buktikan Peningkatan Kualitas Olahraga

Tim Indonesia Buktikan Peningkatan Kualitas Olahraga - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Timnas Indonesia menjawab keraguan dengan meningkatnya prestasi olahraga Indonesia. Berangkat dari skuad yang terseleksi, tim Merah Putih yang dipimpin Ferry Kono mampu membuktikan catatan membanggakan di SEA Games 2021 Vietnam.

Perolehan medali timnas Indonesia di pesta olahraga Kawasan Asia Tenggara ini berada pada peringkat tiga klasemen dengan torehan 69 emas, 92 perak dan 89 perunggu. Berada di atas Filipina (51-71-104) dan Singapura (47-46-73.

Ranking Indonesia ini merupakan capaian terbaik pada empat SEA Games sebelumnya. Yakni :
Myanmar 2013 – Peringkat 4 – 621 atlet
Singapura 2015 – Peringkat 5 – 525 atlet
Kuala Lumpur 2017 – Peringkat 4-535 atlet
Manila 2019 – Peringkat 4 – 837 atlet.

Selain itu, jumlah atlet yang diikutsertakan merupakan yang terkecil kelima (499 atlet di 32 cabor) di bawah Vietnam (951), Thailand (808), Filipina (641) dan Malaysia (586).

Saya bangga bisa menjadi CdM Indonesia untuk SEA Games ke-31, saat semua orang meragukan kita. Namun dengan tim kecil ini kita dapat menunjukkan bahwa kita bisa di posisi tiga besar klasemen akhir,” kata Ferry, Senin (23/05).

Tim Indonesia Buktikan Peningkatan Kualitas Olahraga

Ferry Kono menyampaikan, Timnas Indonesia tidak mematok target peringkat di SEA Games kali ini. Keikutsertaan Indonesia merupakan solidaritas kepada Vietnam sebagai negara di kawasan ASEAN yang telah lama tidak menyelenggarakan event ini sejak 2003. Namun, menurutnya bukan berarti atlet Indonesia tidak berjuang.

Hal ini bisa dilihat dari kejutan yang dibuat oleh para atlet Indonesia. Kejutan medali emas Muhammad Zul Ilmi yang tidak diunggulkan, torehan rekor lifter Rahmat Erwin Abdullah, dan tim Basket Indonesia yang sukses merobohkan dominasi Filipina 85-81. Ini merupakan persembahan emas tim Basket Indonesia sejak SEA Games 1977.

Ini sejarah besar bagi kita, tak hanya di basket, tetapi juga bagi bangsa kita Indonesia,” kata Ferry Kono.

Pemerintah Indonesia melalui Tim Review Kementerian Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional dari Kemenpora juga telah melakukan seleksi atlet secara ketat pada SEA Games kali ini dengan merujuk kepada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Pola pembinaan ini baru dibuat untuk berorientasi pada acuan prestasi yang lebih tinggi, yakni Asian Games dan Olimpiade.

Timnas Indonesia Buktikan Peningkatan Kualitas Olahraga - iMSPORT.TV

Paradigma baru ini harus dipahami bersama. Jumlah atlet dan official yang kita bawa tidak banyak, bahkan jauh di bawah Thailand, Filipina, dan Malaysia. Atlet yang dikirimkan juga melewati seleksi ketat, mulai dari Komisi Sport Development Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) hingga Tim Review PPON,” ujar Ferry.

Saya rasa mengamankan posisi ketiga dengan kontingen yang ramping merupakan prestasi luar biasa yang telah dilakukan atlet-atlet kita. Terima kasih atas perjuangan kalian kepada bangsa dan negara di SEA Games kali ini.”

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sangat bersyukur paradigma baru memberi awal yang menjanjikan. Hal ini diyakini dapat menjadi langkah positif bagi Indonesia.

Kita harus mereformasi cara kita. Ini paradigma baru dan tidak bisa dilihat secara instans. Tapi, hasil ini menjadi langkah yang baik bagi kita yang bisa kita tuai hasilnya 10 tahun mendatang dan saya yakin bila ini dilakukan secara konsisten, kita bisa menembus 5 besar dunia,” kata Menpora Zainudin Amali.

(amr)
Source : NOCIndonesia

Baca : Timnas Esports Indonesia Tutup SEA Games Dengan Manis