BERITA, SPORTS

Senam Targetkan 2 Medali Di Vietnam

iMSPORT.TV – Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) menargetkan 2  emas di ajang SEA Games  2021 Vietnam. Atlet putri dan putra jadi andalan Senam Indonesia di SEA Games nanti.

“Kalau dari kita target tidak kurang dari SEA Games 2019 Filipina. Saat di SEA Gamas 2019, kita meraih 2 emas. Berarti untuk SEA Games 2021 Vietnam target 2 emas, tapi kalau bisa lebih dari 2 emas lebih bagus,” kata Pelatih senam artistik putri nasional Eva Novalina

“Untuk putri kita bisa  mengandalkan Rifda Irfanaluthfi untul  meraih 1 emas dan untuk 1 emas lagi bisa dari Dwi Samsul Arifin,” ujarnya.

Terdapat 4 atlet yang berlatih, 2 putra dan 2 putri. 4 atlet senam saat ini melakukan latihan yang dibagi dalam dua sentra di Jakarta dan Jawa Timur.

 “4 atlet senam saat ini melakukan latihan yang dibagi dalam dua sentra di Jakarta dan Jawa Timur,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa persiapan SEA Games sudah maksimal sekitar 90 persen kalau pun ada cedera itu hal biasa.

“Sekarang ini sudah 90 persen, dan kita lebih memfokuskan latihan di Jakarta, tidak mengadakan try out,” tambahnya. 

Manajer Tim Pelatnas Senam Dian Arifin bahwa dari keempat pesenam bisa mempersembahkan dua medali emas.

“Jadi target ma situ harapannya dari Dwi Samsul Arifin yang kita perjuangan untuk mendapat emas  dan Rifda Irfanaluthfi, untuk mempertahankan torehan emas di SEA Games 2019 Filipina,” kata Dian.

Selain itu, Menpora ingin pastikan cabor senam yang sudah direkomendasikan ini bisa raih prestasi.

Menpora juga mengatakan bahwa paradigma Indonesia di DBON ini sudah jauh ke depan, bukan hanya mengejar prestasi di level SEA Games ataupun Asian Games. Tapi sudah berorientasi Olimpiade. Dengan begitu, ajang-ajang regional itu hanya menjadi sasaran antara.

“Sekarang ini perubahan paradigma besar-besaran di olahraga kita benar-benar didasarkan pada catatan-catatan yang riil dan obyektif. Jadi gak ada karena menteri suka atau tidak suka. Saya ketemu dia (Rifda Irfanaluthfi,)  saja baru ini, sebelumnya saya tidak tahu,” jelasnya.

“Tetapi  catatan prestasi yang saya dapatkan dari Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, senam adalah cabor yang potensial untuk Olimpiade karena terget Indonesia  sekarang Olimpiade. Sedangkan SEA Games step kita untuk Asian Games dan dari Asian Gemas  menuju Olimpiade,” tambahnya.

Sekarang ada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang jadi standar untuk mempertanggungjawabkan atlet yang dikirim ini benar-benar sesuai dengan apa yang sudah di review.

Kedepan, menurutnya, pengirim atlet ke ajang multi even olahraga seperti SEA Games dan Asian Games  akan lebih ketat.

“SEA Games 2023 akan lebih ketat, Asian Games juga begitu. Tapi Kalau Olimpiade  ada kualifikasinya sehingga  kalau dia tidak lolos kualifikasi secara otomatis  tidak berangkat,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan adanya perubahan paradigma buat olahraga kita, peringkat Indonesia di saat olimpiade akan naik,” tambahnya.

Berikut Nama Atlet Senam untuk SEA Games 2021 Vietnam :

  1. Rifda Irfanaluthfis
  2. Ameera Rahmajanni
  3. Dwi Samsul Arifin
  4. Abiyu Rafi

Sumber: Kemenpora

Baca Juga:

Abis SEA Games Langsung Fokus ke Olimpiade Paris Ya!

 

Related Posts

One thought on “Senam Targetkan 2 Medali Di Vietnam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *