Cabang Olahraga Ini Berhasil Hemat Dana Pelatnas SEA Games 2019

Cabang Olahraga Ini Berhasil Hemat Dana Pelatnas SEA Games 2019 - iMSPORT.TV

iMSPORT.TVCabang Olahraga Ini Berhasil Hemat Dana Pelatnas SEA Games 2019, Kepala Bidang Olahraga Prestasi Internasional Kementerian Pemuda dan Olahraga, Yayan Rubaeni, mengatakan total dana yang dialokasi pemerintah untuk Pelatnas 2019 yakni Rp 386 miliar. dengan rincian, Rp 266,2 miliar untuk pelatnas persiapan SEA Games dan Olimpiade serta Rp 119,86 miliar untuk persiapan Asean Para Games dan Paralimpiade.

“Tahun 2019 kami memfasilitasi pembinaan pelatnas sebanyak 65 cabang olahraga, terdiri dari 49 cabang olahraga untuk persiapan SEA Games dan Olimpiade serta 16 cabang olahraga untuk persiapan ASEAN Para Games dan Paralimpiade,” kata dia dalam konfrensi pers di Hotel Sahid Jaya, Solo, Rabu, 18 Desember 2019.

Menurut Yayan Rubaeni selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional memyebutkan Pelatnas SEA games, Olimpiade dan ASEAN Para Games dan Paralimpiade berjalan secara beriringan dengan dana terakumulasi secara komprehensif dari pemerintah. Menurut dia, mekanisme pencairan anggaran sesuai dengan petunjuk teknis yang telah disepakati bersama cabang olahraga melalui dua tahap.

“Tahap pertama kami sampaikan 70 persen yang disepakati, berikutnya tahap kedua sebesar 30 persen itu diberikan apabila minimal 80 persen dari 70 persen anggaran yang disalurkan itu sudah digunakan dan ada SPJ (surat pertanggungjawaban),” ungkap dia.

Tiga cabang olahraga tidak mengajukan pencairan tahap kedua yaitu cabang olahraga tenis, PSWAPI Persatuan Ski Air, dan Wake Board Indonesia (PSAWI), dan biliar.

“Dari total Rp 386 miliar yang teralokasikan hanya terserap Rp 381,9 miliar karena tiga cabor tidak mengajukan tahap dua,” kata dia.
Yayan melakukan konfirmasi terkait dana, tiga cabang olahraga menjelaskan bahwa dana tahap pertama yang 70 persen telah cukup untuk membiayai Pelatnas selama tahun 2019. Dalam perspektif anggaran, kata Yayan, cabang olahraga yang tidak mengajukan pencairan tahap kedua telah melakukan efiesiensi anggaran.

Cabang Olahraga Ini Berhasil Hemat Dana Pelatnas SEA Games 2019

Ia menyebutkan bahkan cabang olahraga tenis yang sebelumnya hanya ditarget 1 medali emas di SEA Games bisa melampaui dengan perolehan 3 medali emas. “Kalau dari segi anggaran itu dianggap produktif karena sudah melakukan efisiensi tapi hasil maksimal,” ungkap dia.

Kemenpora, ikut mendorong supaya cabang olahraga bisa tertib secara administrasi dalam pengelolaan anggaran. Menurut dia, dalam tahun 2019 telah melakukan tiga kali bimbingan teknis supaya seluruh kendala seperti urusan perpajakan bisa diminimalisir. “Kami terus melakukan pengawasan dan pendampingan sesuai yang diamanatkan oleh perundang-undangan,” kata Yayan,

Sebelumnya, Tim Indonesia menjadi juara umum cabang olahraga tenis SEA Games 2019 Filipina. Ini setelah mampu mendulang tiga dari lima emas yang dipertandingkan pada kejuaraan dua tahunan tersebut.

“Ini prestasi luar biasa karena bisa memenuhi target. Tadinya hanya dua emas yang ditargetkan dari nomor ganda campuran dan ganda putri, namun ada tambahan satu emas dari tunggal putri,” kata Ketua PB Pelti Rildo Ananda Anwar.

(irh/nus/amr)