ASEAN Para Games 2020 Filipina ditunda, Alasannya Virus Corona

ASEAN Para Games 2020 Filipina ditunda Akibat Merabaknya Virus Corona - iMSPORT

iMPSORTASEAN Para Games 2020 Filipina ditunda, Alasannya Virus Corona, penyebaran virus tersebut telah meluas kebeberapa negara yang berdekatan dengan china, termasuk ke negara Filipina.

Dikutip dari CNNindonesia, Kepastian penundaan ASEAN Para Games (APG) 2020, didapat melalui surat resmi dari ASEAN Para Sport Federation (APSF) bernomor APSF/BoGSecretariat/2020/001 tertanggal 10 Februari 2020 yang ditujukan kepada Ketua Komite Paralimpiade Nasional (NPC), Senny Marbun.

“Demi kepentingan kesehatan masyarakat, keselamatan dan keamanan, kami dengan hormat memberitahu keputusan untuk merekomendasi penundaan APG 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Keputusan itu mengingat risiko krisis kesehatan yang diakibatkan oleh virus corona,” tulis surat yang ditandatangani Sekjen APSF, Osoth Bhavilai.

ASEAN Para Games 2020, yang seharusnya digelar pada 18-24 Januari, dimundurkan hingga 20-24 Maret 2020, dikarenakn faktor teknis yang mengganggu persiapan.

ASEAN Para Games 2020 Filipina ditunda Akibat Merabaknya Virus Corona

 

 

“Ya ini masalah tuan rumah, bukan kita. Sudah dua kali menunda dari Januari ke Maret, kemudian ada pemberitahuan akan ditunda lagi dan waktunya belum ditentukan. Dan baru bakal diberi tahu kepastiannya 60 hari sebelum penyelenggaraan, jadi kita sabar saja, ” ujar Menpora Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (12/2).

Penundaan ini berdampak pada pembengkakan biaya pemusatan latihan atlet yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Yayan Rubaeni, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemenpora, mengatakan kebutuhan anggaran untuk gaji dan akomodasi 300 atlet Pelatnas APG per bulan mencapai Rp10 miliar.

“Dana Pelatnas NPC tahun ini belum turun, tapi kalau yang persiapan sampai bulan Maret ini kita sudah. Begitu kemarin ASEAN Para Games ditunda, kami langsung melakukan optimalisasi untuk anggaran yang sebelumnya kami siapkan untuk paralimpiade. Karena ini mundur, anggaran yang kita siapkan untuk paralimpiade itu kita optimalisasi.”

“Anggaran total buat paralimpiade Rp80 miliar untuk Pelatnas paralimpiade dan pembinaan untuk periode Januari sampai Desember 2020. Kemarin sudah kami optimalisasi dan itu tidak mengganggu program Pelatnas Asean Para Games bisa jalan sampai Maret. Kalau ini diundur lagi ya tentunya karena kejadiannya mendadak siklus penganggaran pemerintah belum menganggarkan,” beber Yayan terpisah.