Olimpiade Tokyo Akan Digelar di 2021 Dengan atau Tanpa COVID-19

Olimpiade Tokyo Akan Digelar di 2021 Dengan atau Tanpa COVID-19 - iMSPORT

iMSPORT.TV – Wakil presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) John Coates mengumumkan bahwa Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada 23 Juli 2021, tetap akan digelar dengan atau tanpa COvID-19. Dikutip dari BBC, Senin (7/9).

Ia menyebutkan, acara olahraga dunia tersebut sebagai “Olimpiade yang menaklukkan COVID-19”.

Acara tersebut itu merupakan Pertandingan Rekonstruksi setelah kehancuran akibat tsunami, yang melanda Jepang pada tahun 2011, kata Coates.

Olimpiade Tokyo yang seharusnya digelar pada bulan Juli tahun ini, namun ditunda akibat kekhawatiran akan penularan Virus Corona. Internasional Olimpiade Komite memastikan bahwa mereka tidak akan menunda lebih lama lagi dari 2021.

Sekarang (olimpiade) ini akan menjadi Pertandingan yang menaklukkan COVID-19, cahaya di ujung terowongan,” lanjut Coates.

Baca juga : Kemenhub Siapkan 217 Armada Bus Untuk PON Papua 2021

Olimpiade Tokyo Akan Digelar di 2021 Dengan atau Tanpa COVID-19

Beberapa skenario pun dikeluarkan seperti, jumlah penonton yang terbatas, pembukaan dan penutupan Olimpiade disederhanakan, hingga jumlah staf dan delegasi yang akan dikurangi.

Namun, belum ada pernyataan resmi bagaimana pembatasan perjalanan dapat mempengaruhi partisipasi mereka, mengingat perbatasan di Jepang hingga saat ini masih tertutup untuk pengunjung asing.

Meski para ahli kesehatan meragukan acara olahraga bergengsi tersebut dapat diadakan tanpa vaksi, Toshiro Muto mengatakan, vaksin bukanlah prasyarat untuk penggelaran Olimpiade.

Jika vaksin sudah siap, itu akan menguntungkan, tapi kami tidak mengatakan bahwa kami tidak bisa mengadakan acara tanpa itu – ini bukan prasyarat,” ujar Toshiro Muto.

Ketua Olimpiade Yoshiro Mori mengatakan pada bulan April 2020, bahwa Olimpiade Tokyo harus dibatalkan jika tidak diadakan pada 2021.

Anda tidak dapat selamanya mempekerjakan 3.000 hingga 5.000 orang dalam sebuah komite penyelenggara. Anda tidak dapat setiap tahun mengubah seluruh jadwal olahraga di seluruh dunia dari semua federasi utama,” kata Pimpinan IOC Thomas Bach, saat menjelaskan keputusan tersebut.

Sebelum pandemi Virus Corona COVID-19 muncul, Olimpiade hanya pernah dibatalkan karena perang, tetapi tidak pernah ditunda. (amr)

Baca juga : FASI DIY Siap Pertahankan Tradisi Medali Emas di PON