BERITA, EVENT

Alasan Venue Utama PON Berganti Menjadi Stadion Lukas Enembe

Alasan Venue Utama PON Berganti Menjadi Stadion Lukas Enembe - iMSPORT

iMSPORT.TV – Venue utama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Stadion Papua Bangkit akan segera berubah nama menjadi Stadion Luka Enembe yang diresmikan pada 23 Oktober 2020.

Ketua PB PON Papua Yunus Wonda, menjelaskan alasan penggantian nama Stadion tersebut sebagai bentuk terima kasih rakyat Papua, nama tersebut merupakan nama Gubernur Papua yang menjadi tokoh di balik terpilihnya Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON 2020.

Kami rakyat Papua tidak pernah bayangkan bila Provinsi Papua bisa menjadi tuan rumah PON, karena kami menyadari secara infrastruktur kami, Papua sangat tidak mungkin melakukan itu, tetapi oleh komitmen yang kuat dari Bapak Lukas Enembe yang didukung juga oleh bapak wakil Gubernur dan semua pihak, maka hal yang tidak mungkin itu sekarang terbukti,” ujar Yunus, di Jayapura, Senin (19/10/2020).

Alasan Venue Utama PON Berganti Menjadi Stadion Lukas Enembe

Wonda menambahkan, keinginan Lukas Enembe untuk menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON 2020 dilakukannya untuk dapat mempercepat pembangunan infrastruktur provinsi Papua, hingga akhirnya sejumlah pembangunan infrastruktur gencar dilakukan sebagai persiapan menyambut PON yang akan digelar di Papua pada 2021.

Prinsip beliau adalah ambil dulu baru nanti disiapkan, karena menurut beliau kalau kami siapkan dulu infrastrukturnya baru mau lobi, itu nanti lama dan akhirnya kita lihat sendiri saat Papua dipercayakan sebagai tuan rumah, Pak Gubernur langsung memerintahkan untuk bangun stadion, yang saat ini kita kenal dengan nama Papua Bangkit,” kata dia.

Pembangunan stadion tersebut pun dibuat atas inisiatif Lukas Enembe ketika Papua ditetapkan sebagai tuan rumah PON 2020. Seluruh pembiayaan stadion tersebut dibebankan ke APBD Provinsi Papua. Karena hal tersebut, Yunus menyebutkan, DPRD Papua kemudian mengusulkan perubahan nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe.

Sesuatu yang awalnya mustahil itu di tangan beliau saat ini semua bisa terwujud. Itulah alasannya mengapa kami DPR Papua saat itu (tahun 2019) mengajukan nama stadion Papua Bangkit kita ganti dengan nama beliau, Lukas Enembe,” terang Yunus.

Stadion berkapasitas 45.000 orang tersebut memulai proyek pembangunan sejak 2016 dan rampung pada April 2019, menghabiskan dana sebesar Rp 1,3 triliun di atas tanah seluas 13 hektar yang berlokasi di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang akan digunakan sebagai tempat pembukaan PON XX pada 20 Oktober 2021. (amr)

Baca juga :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *