BERITA, SPORTS

Indonesia Bakal Kembangkan Sport Tourism Tiru Thailand

Indonesia Bakal Kembangkan Sport Tourism Tiru Thailand - iMSPORT

iMSPORT.TV – Menpora Zainudin Amali berharap Indonesia mampu meniru Thailand, dinilai berhasil mengembangkan Sport Tourism yang mampu mendatangkan banyak wisatawan asing ke negeri Gajah Putih tersebut.

Negara-negara lain sudah mendorong sport tourism menjadi income untuk negaranya. Devisa yang masuk juga signifikan, contohnya Thailand,” ujar Amali saat menjadi pembicara webinar di Jakarta, Rabu, 15 Juli 2020.

Pertemuan Zainudin Amali dengan Menteri Olahraga pada saat SEA Games Filipina 2019 yang mengatakan bahwa Sport Tourism di negaranya telah menjadi salah satu penggerak ekonomi yang cukup signifikan, dengan kesadaran bahwa tidak selamanya Thailand mengandalkan sektor pariwisata hiburan untuk datang ke negerinya.

Mereka sekarang ketergantungan pada sport tourism sangat luar biasa. Kalau dulu kita kenal orang pariwisata di Thailand hanya hiburan tapi mereka sadar itu tidak bisa mereka andalkan lagi karena persaingan ada di mana-mana dan mereka dorong ke sport tourism,” kata dia.

Baca Juga : Indonesia Optimis Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia Bakal Kembangkan Sport Tourism Tiru Thailand

 

 

Mereka menjual paket, misal golf. Untuk bisa main selama beberapa hari, mereka menawarkan paket akomodasi, transportasi dan dia berpariwisata itu dijual serempak dalam satu paket“, Zainudin Amali menambahkan.

Cara tersebut menurutnya bisa di optimalkan, apalagi Indonesia memiliki potensi alam yang melimpah yang dapat di paketkan wisata dan pengalaman olahraga, seperti arung jeram, naik gunung, panjat tebing, selancar, hingga lari lintas alam. Dengan penawaran tersebut ia yakin para wisatawan betah berlama-lama di Indonesia terhubung dengan uang yang dikeluarkan oleh mereka tidak sedikit.

Menurut saya Indonesia ada kelebihan, tempat-tempat kita juga menarik tidak kalah dengan negara tetangga. Mengapa kita tidak berinisiatif membuat itu? Paket arung jeram, paket olahraga petualang, kita paketkan semuanya tapi ada unsur wisatanya,” kata dia.

Untuk mewujudkan Sport Tourism, dibutuhkan kerja sama lintas kementerian karena membutuhkan pengembangan dari banyak pihak terkait.

Kami harus kerja sama dengan Kemenparekraf, Kemenko Maritim dan Investasi, Kemenpar. Kemenpora tidak mungkin kerja sendiri menggarap olahraga. Kita sesama pemerintah harus bersinergi agar bisa maju,” kata dia.(amr)

Baca Juga : Liga 1 Indonesia Resmi Digelar pada Oktober

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *