BERITA, EVENT, SPORTS

Penampilan Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Penampilan Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 (23/7) menampilkan baju adat Bali Payas Madya yang dipakai oleh pembawa bendera Rio Waida.

Baju adat Bali Payas Madya, adalah kemeja putih dan beskap hitam, dan kain batik Bali gemerlap emas pada bagian bawahnya. Penampilannya dipadukan dengan sandal tradisional Jepang, tatami.

Menurut atlet berusia 21 tahun kelahiran Saitama, 25 Januari 2000 ini, Jepang adalah rumah kedua baginya. Rio merupakan putra dari Muhamad Zaini dan Kaoru Waida yang juga peselancar, dan telah mengenalkan olahraga ombak ini kepadanya sejak kecil.

Ini tidak pernah saya bayangkan, bisa tampil di Olimpiade. Dan menjadi flag bearer. Berdiri paling depan membawa bendera Merah Putih, mewakili Kontingen Indonesia” kata Rio

Indonesia berada di urutan ke 22 dalam parade atlet tersebut, dan hanya diikuti 10 orang. Berbeda dengan Rio Waida, rombongan Indonesia lain mengenakan jas sporty warna putih dan merah.

Penampilan Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Dalam rombongan tersebut tampak CdM Rosan P. Roeslani, Nurul Akmal, Aflah Fadlan Prawira, dan Azzahra Permatahani. Selain itu ada lima pelatih Dirdja Wihardja (angkat besi), Rionny Mainaky (bulu tangkis), Permadi Sandra Wibowo (panahan), Donny Budiarto Utomo (renang), dan Tipi Jabrik Noventin (pelatih surfing).

Meski hanya hadir 10 personel, tetapi semangat kami mewakili semua wakil Merah Putih, bahkan masyarakat Indonesia yang menyaksikan Olimpiade Tokyo ini dari rumah masing-masing,” kata Rosan dalam siaran pers KOI.

Perjalanan kontingen Indonesia pada Olimpiade edisi ke-32 ini resmi dimulai. Semoga atlet-atlet kita bisa menampilkan peforma terbaik mereka sehingga berhasil memenuhi target peningkatan peringkat yang diberikan pemerintah.”

Indonesia akan diperkuat 28 atlet, tapi karena Sabtu besok ada yang sudah bertanding hanya sebagian yang hadir di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo ini.

Sebagai bentuk penghormatan tempat lahirnya Olimpiade, defile upacara pembukaan Olimpiade Tokyo dibuka oleh tim Yunani. Kemudian ditutup oleh tiga negara, yakni Amerika Serikat yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2028, diikuti Prancis (2024), sebelum diakhiri oleh tim tuan rumah Jepang.

Olimpiade Tokyo ini akan berlangsung hingga 8 Agustus dan diikuti sekitar 11.230 atlet dari 206 kontingen dari seluruh dunia, termasuk satu tim pengungsi untuk memperebutkan 339 medali emas. (amr)

Baca :

Related Posts

One thought on “Penampilan Indonesia dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *