BERITA, PROFILE

Suleymanoglu The Pocket Hercules dari Turki

Suleymanoglu The Pocket Hercules dari Turki - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Naim Suleymanoglu lifter mungil, dengan tinggi 147cm, yang mustahil bergelut di dunia angkat besi. Tapi, Suleymanoglu berhasil taklukan olahraga beban berat yang melambungkan namanya di pentas Internasional.

Lifter Turki kelahiran 23 Januari 1967, Bulgaria pada umur 16 tahun, jadi lifter pertama yang berhasil lakukan snatch 2,5 kali berat tubuhnya.

Total medali yang ditorehkan Naim Suleymanoglu : 2 medali emas di Olimpiade 1988 (Seoul), 1 emas Olimpiade 1992 (Barcelona) dan 1 emas Olimpiade 1996 (Atlanta).

Suleymanoglu The Pocket Hercules dari Turki

 

Suleymanoglu, orang kedua dari 7 lifter dunia yang berhasil lakukan angkatan Clean&Jerk 3 kali dari bobot tubuhnya. Clean&Jerk adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda, atlet harus mengangkat beban dari lantai tanpa menekuk lutut.

Total raihan 3 medali emas di 3 edisi Olimpiade, Julukan ‘The Pocket Hercules’ pantas disandangnya. Di Olimpiade Seoul 1988, Suleymanoglu berhasil mengangkat beban seberat 190.0 kg di angkatan clean&jerk dan 152,5 kg di angkatan snatch, total beban yang ia angkat adalah 342,5 kg.

Hasil tersebut jadi catatan impresif dengan berat badan 30kg sekaligus terciptanya rekor dunia. (amr)

Baca :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *