BERITA, TIPS & TRICK

4 Olahraga Penting agar paru-paru tetap Sehat

4 Olahraga Penting agar paru-paru tetap Sehat - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Manusia pada umumnya bernapas 12-18 kali permenitnya, jika dihitung dalam sehari, Sporters akan bernapas sebanyak 17.280 kali, yang tentu saja didalam proses bernapas banyak proses yang tidak mudah dalam tubuh kita, karena ada banyak organ yang berperan membantu proses bernapas.

Olahraga untuk menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk dilakukan, #Sporters bisa melakukan olahraga aerobik atau kardio, seperti jalan kaki, berlari, berenang dan bersepeda.

Oksigen yang masuk melalui sistem pernapasan melalui hidung, tenggorokan, trakea dan paru-paru, dimana, oksigen akan dialirkan ke seluruh pembuluh darah dan masuk ke sel-sel tubuh, yang dihasilkan sebagai bahan bakar metabolisme.

So, agar paru-paru tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, cara paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga makanan dengan gizi seimbang, berolahraga dan menjauhi risiko yang dapat menimbulkan masalah pada paru-paru.

Berikut olahraga tepat agar paru-paru tetap sehat, dilansir dari Halodoc.

  1. Olahraga Renang

Olahraga Renang - iMSPORT.TV

Olahraga renang mampu meningkatkan volume darah, sehingga akan lebih banyak oksigen yang masuk sekaligus otot serta lebih efisien dalam pelepasan karbon dioksida.

Ketika berenang kita tentu akan melakukan latihan pernapasan, seperti mengambil, menahan, dan mengeluarkan napas. Ini bisa meningkatkan efektivitas dari paru-paru, sehingga bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

  • Sangat baik dilakukan tiga kali dalam seminggu selama 1-2 jam.

2. Olahraga Jalan Kaki

Olahraga Jalan Kaki - iMSPORT.TV

Berjalan kaki menjadi salah satu pilihan olahraga paling mudah, Sporters bisa melakukannya dengan intensitas rendah hingga sedang yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Aktivitas fisik ini dipercaya akan membantu memberikan energi tubuh dan akan memperkuat paru-paru, Selain itu, bisa meningkatkan kapasitas pernapasan dan kualitas hidup.

  • Lakukan minimal 30 menit per hari.

3. Olahraga Latihan Pernapasan

Olahraga Latihan Pernapasan - iMSPORT.TV

Meski ada berbagai macam latihan pernapasan, Sporters bisa mencoba latihan pernapasan diafragma. Cara melatihnya dimulai dengan duduk sambil bersandar dan letakkan satu tangan di perut dan lainnya di dada.

Tarik napas melalui hidung selama dua detik, dan rasakan udara membuat perut mengembang. Perut harus lebih membusung daripada dada. Lalu hembuskan napas selama dua detik secara perlahan lewat bibir yang terbuka kecil.

Latihan pernapasan diafragma bertujuan untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan mengurangi stres.

  • Lakukan sebanyak 10 kali per hari

4. Olahraga Yoga

olahraga Yoga - iMSPORT

Manfaat Yoga dirancang untuk membantu tubuh dalam melepaskan racun dari otot dan organ. Yoga juga memiliki manfaat lain untuk tubuh, seperti elastisitas kulit, kerja organ paru-paru, jantung serta pencernaannya.

  • Melakukan yoga pernapasan selama 15–30 menit setiap harinya bisa membantu tubuh menghilangkan racun di paru-paru.

Baca :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *