BERITA, EVENT, SPORTS

Dari Pesimis ke Optimis dan Berakhir Sukses

iMSPORT.TV – Munculnya rasa pesimis dan Khawatir yang dirasakan segenap Sub Panitia Besar PON XX Papua Klaster Mimika adalah hal yang normal dalam menghadapi pelaksanaan event nasional terbesar di Indonesia.

Namun hal itu justru menimbulkan rasa optimisme yang besar, hingga semua persoalan dan halangan yang ada bisa diatasi Sub PB PON Klaster Mimika, hasil kolaborasi dan koordinasi antar stakeholders terkait mulai dari pusat hingga daerah di Kabupaten Mimika.

Sekretaris Umum PB PON Klaster Mimika, Cessar Avianto Tunya mengungkapkan, banyak cerita suka duka sampai suksesnya pagelaran PON Papua di Mimika ini.

“Pesimis karena kondisi pandemi COVID-19 yang memaksa semua dilaksanakan dalam kondisi tidak normal, termasuk banyak masalah terkait pengadaan barang dan lain-lain akibat dampak pandemi, namun kolaborasi menjaid kunci menghilangkan rasa pesimisme itu,” ungkapnya.

Pembangunan ditangani oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika berkolaborasi dengan pemerintah pusat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta APBD provinsi dan Kabupaten Mimika. Ada pula hasil kolaborasi bersama swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Venue yang dibangun di klaster Mimika di antaranya Gelanggang Olahraga (GOR) Futsal untuk pertandingan Futsal dan Bola Tangan (Handball), Gedung Biliar, Panjat Tebing.

Sedangkan Graha Eme Neme Yauware untuk Judo dan Tarung Derajat menggunakan gedung yang sudah ada tapi dilakukan renovasi. Sementara venue Atletik dan Basket yang ada di Mimika Sport Complex (MSC) dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Venue ini ditata oleh bidang arena. Saat pelaksanaan pertandingan ditangani oleh panitia pelaksana (Panpel), jadi pertandingan bisa terlaksana karena panitia secara tersistem bekerja sejak awal hingga selesai nanti. Bahkan setelah penutupan, panitia akan tetap bekerja terutama dari bidang dampak lingkungan untuk memastikan venue tetap bersih,” ungkapnya.

Ada 3.441 Kontingen PON Hadir di Mimika. Cessar menuturkan, berdasarkan data yang ada jumlah tamu VVIP, VIP sampai dewan hakim dan wasit yang datang ke PON Papua Klaster Mimika sebanyak 588 orang.

Sementara kontingen yang terdiri dari atlet dan ofisial berjumlah 3.441 orang.

Untuk melayani tamu, dari sisi transportasi panitia mengerahkan 67 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan. Seluruh tamu dan kontingen yang datang dijemput di bandara, diantar ke penginapan, tempat berlatih hingga tempat bertanding.

Mengenai akomodasi, puncak kedatangan tamu dan kontingen di Mimika terjadi pada 3-10 Oktober 2021. Situasi ini sempat membuat panitia cukup kerepotan dan tidak bisa tenang.

Sebab akomodasi merupakan kekhawatiran utama panitia, untuk itu agar bisa menampung semua tamu dan kontingen, panitia melakukan pengaturan dan maping secara terorganisir.

Meskipun saat pelaksanaan, ada perubahan seiring dengan penambahan Panpel dari luar. “Tapi atas sinergi dengan semua bidang jadi kebutuhan ini mengalir. Kita respon cepat dan kita mampu selesaikan semua,” tutur Cessar lagi.

Terkait rencana penutupan PON XX Papua, Cessar mengungkapkan bahwa PB PON Sub Klaster Mimika telah mengagendakan penutupan PON dalam bentuk Gebyar PON XX Papua 2021 pada Jumat (15/10/2021) di Lapangan Timika Indah.

Dari lokasi itu akan disaksikan penutupan PON di Jayapura secara virtual yang rencananya dihadiri Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan ini, Cessar mengapresiasi seluruh panitia yang sudah bekerja maksimal dari pagi hingga malam. Sudah mendedikasikan waktunya untuk agenda nasional, mulai dari panitia hingga relawan yang sudah berjuang dan berkorban.

Ia juga mengapresiasi masyarakat Mimika yang memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya PON Papua 2021 sehingga berlangsung sukses, aman dan damai.

“Kesuksesan PB PON Sub Mimika adalah kesuksesan masyarakat Mimika dalam melaksanakan tugas Negara ini, dan membuktikan bahwa Torang Bisa,” tutupnya.

Baca juga:

PON Papua Momentum Kebangkitan UMKM dan Milenial

Kata Wabup Mimika Usai Basket 5×5 Selesai Digelar

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *