BERITA, PROFILE

Garry Kasparov, Grandmaster Catur Dunia

Garry Kasparov, Grandmaster Catur Dunia - iMSPORT.TV

iMSPORT.TV – Inilah pecatur paling sukses yang menduduki peringkat 1 dunia selama 228 bulan. Sejak 1986 hingga pensiun di 2005.

Dia, Garik Kimovich Weinstein atau ‘Garry Kasparov’, kelahiran Baku, Azebaijan, Uni Soviet, (13/04/63). Usia 10 tahun mulai serius berlatih di sekolah catur ‘Mikhail Botvinnik’.

Atas bimbingan pecatur terkenal Soviet ‘Vladimir Makogonov’, keterampilannya makin terasah. Terutama teknik pembukaan Caro-Kann Defence atau Queens Gambit Declined.

Dari situ ia mulai sukses juarai banyak kejuaraan junior, dan menurutnya kemenangan di Turnamen Sokolsky Memorial di Minsk (1978), jadi titik tolak dalam keseriusannya berkarier di dunia catur.

Saya akan terus mengingat Sokolsky Memorial sampai kapanpun,” ujar Kasparov saat itu. Kemenangan di Sokolsky membuatnya yakin bisa berkiprah di Kejuaraan Dunia.

Kemenangannya di turnamen grandmaster, Banja Luka, Bosnia dan Herzegovina membuat namanya masuk ke jajaran ranking Organisasi Catur Internasional (FIDE) dengan rating 2595.

Garry Kasparov, Grandmaster Catur Dunia

Pertandingan melawan Anatoly Karpov menjadi pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah. Karena pertandingan dihentikan FIDE dengan alasan kesehatan para pemain. Setelah melewati tujuh belas kali remis dengan skor 5-3. Pertandingan kedua akhirnya dimenangkan Kasparov. Sekaligus dinobatkan menjadi juara catur termuda di usia 22 tahun (1985).

 

Selain duel melawan pecatur profesional, ia juga handal melawan pecatur mesin komputer. Duel Kasparov dengan game komputer keluaran IBM ‘Deep Blue’ terjadi dua kali.

Pada pertarungan pertama di Philadelphia, USA pada 1996, Kasparov menang dengan skor 4-2. Sayangnya, Kasparov tidak mampu mengulang kesuksesannya melawan Deep Blue versi terbar. Ia kalah 2,5 – 3,5 dari Deep Blue.

Prestasi Garry Kasparov :

  • 1976-1977 – Juara Kejuaraan Junior Soviet, di Tbilisi
  • 1978 – Juara Turnamen Sokolsky Memorial di Minsk
  • 1978 – Juara Kejuaraan Catur Uni Soviet
  • 1981-1982 – Predikat Unggulan Pertama Kejuaraan Catur Uni Soviet
  • 1982 – Juara Turnamen Internasional Level Super, Bosnia.
  • 1982 – Turnamen Moscow Interzonal
  • 1983 – Peringkat Kedua Dunia
  • 1984 – Peringkat Satu Dunia (rating FIDE 2.710)

Rekor sebagai pecatur termuda nomor satu dunia ini bertahan hingga Januari 1996, setelah berhasil dipecahkan oleh Vladimir Kramnik.

Tahun 2005 Kasparov memilih pensiun usai menang di turnamen Linares. Perseteruan dengan FIDE menjadi salah satu alasan Kasparov pensiun. Usai pensiun, Kasparov banyak menulis buku dan menjadi politisi. (amr)

Baca :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *