BERITA, EVENT, FASHION

Unik, Olimpiade Tokyo 2020 Siapkan Ranjang Kardus untuk Atlet

Unik, Olimpiade Tokyo 2020 Siapkan Ranjang Kardus untuk Atlet - -iMSPORT

iMSPORT – Olimpiade merupakan ajang olahraga internasional empat tahunan dengan mempertandingkan cabang olahraga musim dingin dan musim panas, diikuti lebih dari 200 negara, yang akan dilaksanakan pada Jumat, 24 Juli, dan berakhir pada Minggu, 9 Agustus 2020.

Namun, ada yang unik dari Olimpiade 2020 yang helat di Tokyo, sebagaimana diketahui jepang sangat fokus dengan pendauran ulang, misalnya saja tempat istirahat untuk para atlet yang terbuat dari bahan daur ulang.

Tempat beristirahat untuk para atlet saat olimpiade dan paralimpiade musim panas 2020, panitia menyiapkan berupa ranjang yang terbuat dari kardus daur ulang dan kasur lipat.

Tempat tidur yang terbuat dari kardus tersebut di bagian rangka ranjang, terbuat dari kardus resistensi tinggi, yang dapat menahan beban hingga 200 kilogram.

Baca : Kylian Mbappe Masuk Skuat Prancis untuk Olimpiade 2020

Sementara pada bagian kasurnya, produsen matras Jepang, Airweave Inc. menuturkan bahwa kasur, juga disertai dengan matras polietilen tiga bagian yang dapat digunakan para atlet untuk menyesuaikan keempukan di bagian tubuh atas, tengah, dan bawah.

kasur olimpiade 2020 tokyo - iMSPORT

Terbuat dari Kardus

Para penyelenggara Olimpiade ingin menyediakan kenyamanan bagi para atlet sambil mewujudkan pelestarian lingkungan.
Setelah Olimpiade dan Paralimpiade usai, ranjang dan matras ini akan didaur ulang menjadi produk kertas dan plastik lain.

Unik, Olimpiade Tokyo 2020 Siapkan Ranjang Kardus untuk Atlet

 

 

 

Selain ranjang untuk atlet Olimpiade 2020, Jepang juga menciptakan beberapa perabot untuk Kejuaraan antar bangsa ini dari bahan daur ulang, misalkan:

  • Podium tempat berdirinya para pemenang akan dibuat dari daur ulang plastik bekas
  • Seragam kirab obor yang akan dibuat dari bahan plastik dan botol bekas, namun ini hanya sebagian saja
  • Medali-medali Olimpiade yang akan dibuat dari bahan bekas material ponsel maupun alat elektronik lainnya

Pihak panitia juga menuturkan ranjang yang ultra-ringan ini, para atlet dapat menata kamar mereka sesuka hati, ujar para penyelenggara.

Bagi atlet yang bertumbuh tinggi, sambungan 20 sentimeter dapat ditambahkan pada rangka ranjang yang berukuran 210 cm x 90 cm.

“Karena kualitas tidur mempengaruhi kinerja (para atlet) keesokan harinya,” imbuh Presiden dan CEO Airweave Inc., Motokuni Takaoka.

Airweave akan menyediakan 18.000 ranjang untuk Olimpiade dan 8.000 ranjang untuk Paralimpiade 2020.

Para atlet juga akan tinggal di wisma atlet berjumlah 21 bangunan tempat tinggal yang dibangun di daerah tepi Laut Harumi dekat Tokyo. (amr)
Baca : Kualifikasi Baseball Olimpiade 2020 Tertunda akibat Wabah Corona

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *