BERITA, EVENT, SPORTS

Pasokan Listrik di Klaster Mimika Aman

iMSPORT.TV –  Pelaksanaan PON XX 2021 melibatkan semua pemangku kepentingan di Papua agar pesta olahraga mutlicabang empat tahunan nasional itu dapat berlangsung sukses.

Salah satunya  PT Perusahaan Listrik Negara yang berperan dalam menjaga kelancaran distribusi jaringan listrik terutama ke 44 venue pertandingan. Kata Manajer PLN Unit Pelaksana 3 Timika, Marthinus Irianto Pasensi,

Marthinus menjelaskan, khusus untuk klaster Kabupaten Mimika, pihaknya telah mengantisipasi terjadinya peningkatan beban listrik dengan beberapa langkah.

“Kami sejak 2020 lalu sudah mengajukan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk mendukung pelaksanaan PON Papua. Tidak saja mengenai kebutuhan pengadaan peralatan, namun juga jasa-jasa yang dibutuhkan dalam penyediaan infrastruktur untuk PON Papua,” jelas Marthinus.

Hasil dari lelang pengadaan itu bisa disaksikan di venue-venue dalam bentuk, generator set (genset) sebagai cadangan pembangkit listrik. Pembangunan sarana pendukung selesai, beberapa alat seperti Uniterruptible Power Supply (UPS) dan travo mobile langsung ditempatkan di venue.

Saat itu, daya tampung dari PLN Timika sebesar 39 megawatt (MW) dengan beban puncak saat digelarnya PON di Klaster Mimika mencapai 29 MW, dan masih bisa menampung hingga 37 MW.

Pihaknya menyiasati perubahan sistem jaringan listrik di Mimika dengan sistem operasi terpisah. Di mana sebanyak 39 MW dibagi bebannya, masing-masing 29 MW dan 10 MW.

“Kita masih punya cadangan listrik sebanyak 5-8 MW. Secara kebutuhan tidak terjadi listrik padam selama berlangsungnya PON Papua di Mimika.” Katanya

“Khusus kebutuhan PON sendiri, daya serap listriknya mencapai 3 MW, baik untuk venue dan sarana pendukung bagi atlet dan official,” lanjut Marthinus.

Sebagai langkah antisipasi, PLN Timika telah membangun jaringan khusus dan mengerahkan genset mobile, Automatic Time Switch (ATS) untuk mengatasi padamnya listrik.

Selama berlangsungnya PON Papua di klaster Mimika, 130 personel dari PLN dikerahkan untuk siaga 24 jam. Selain itu, mereka juga menjaga Load Break Switch (LBS) dalam tiga shift kerja.

Baca juga:

Zohri dan Tyas Kuasai Lari 100M PON Papua

Basket Putri DKI Jumpa Jatim Di Semifinal

 

 

Related Posts

One thought on “Pasokan Listrik di Klaster Mimika Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *