Ducati Pimpin tes pramusim MotoGP di Malaysia

iMSPORT.TV – Luca Marini, pembalap dari tim VR46 menjadi pembalap tercepat dalam tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang. Pembalap dari pabrikan Ducati mendominasi 5 besar waktu tercepat.

Marini sendiri memuncaki catatan waktu dengan 1:57,998 detik. Ia unggul 0,080 detik dari juara dunia tahun lalu, Francesco Bagnaia yang berhasil catat waktu 1:57,969 detik.

Highlights MotoGP 2023 Sepang Test

Kedua pembalap jebolan akademi balap Valentino Rossi ini menjadi rider yang mencatatkan waktu 1 menit 57 detik dalam tes pramusim MotoGP 2023 di sirkuit Sepang, Malaysia.

Pembalap yang mendekati catatan waktu mereka, sekaligus menjadi satu-satunya pembalap diluar pabrikan Ducati yang menempati posisi 5 besar adalah Maverick Vinales dari tim Aprilia.

Vinales berhasil menempati posisi ketiga setelah mencatat waktu 1:58,036 detik. Sementara dua pembalap pabrikan Ducati lain, Enea Bastianini dari tim Lenovo Ducati dan Jorge Martin dari Pramac Racing melengkapi posisi 5 besar.

Meski ada satu kelemahan disbanding motor tahun lalu, Bagnaia sudah cukup senang melihat potensi mesin Desmosedici GP 23.

Tes Pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang Malaysia

Francesco Bagnaia

“Saya sangat senang, kami menggunakan ban bekas dan menunjukan kecepatan luar biasa,bahkan saat time attack,” kata Bagnaia.

“Sempat merasa takut apabila levelnya tidak sama dengan 2022, tapi nyatanya motor ini punya potensi yang lebih besar,” tambahnya

Sementara dari tim Honda, Marc Marquez mengatakan masih banyak yang harus dibenahi oleh Honda karena masih tertinggal jauh dari para rivalnya.

Tes pramusim MotoGP 2023 di sirkuit Sepang Malaysia

Marc Marquez

“Motor ini punya potensi lebih baik dari tahun lalu, tapi pabrikan lain juga melakukan perbaikan, inilah balapan. Pada akhirnya kami di posisi yang sama,” kata Marquez.

Beralih ke Yamaha, ada hal bagus yang terjadi di Yamaha akhir-akhir ini. Tim berjuluk Garpu Tala ini berhasil meningkatkan top speednya saat di lintasan lurus.

Akan tetapi hal itu tidak akan cukup bagi Fabio Quartararo jika ingin bersaing untuk menang apalagi di lima besar.

Tes pramusim MotoGP 2023 di sirkuit Sepang, Malaysia

Fabio Quartararo with Marc Marquez dibelakangnya

“Untuk kecepatan saat balapan saya merasa cukup kuat. Tapi dalam hal time attack di kualifikasi, gapnya terlalu besar,” kata Quartararo.

“Apabila anda tidak bisa kualifikasi dengan bagus, anda tidak dapat bersaing untuk menang apalagi di lima besar,” lanjutnya.

Para pembalap MotoGP masih akan melakukan satu lagi rangkaian tes preamusim di sirkuit Portimao, Portugal pada 11-12 Maret mendatang.

(Hasil lengkap Tes Pramusim di Sepang, Malaysia):

(fid)
Baca Juga:

Piala Dunia U-20 Indonesia : 16 Tim Negara Pastikan Lolos